Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Gelar Salat Id dan Open House, Bupati HST: Ibadah Kurban…

Gelar Salat Id dan Open House, Bupati HST: Ibadah Kurban Mengandung Dimensi Persaudaraan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi dan Wakil Bupati, H Masyah Sabri, laksanakan salat Idul Adha 1445 H/2024 bersama jajaran Forkompinda di Taman Dwi Warna Barabai, Senin (17/6/2024).

Pada kesempatan itu, turut hadir alim Ulama, Ketua TP PKK HST Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi, Ketua GOW Kab HST, Sekdakab HST, Ketua KNPI, seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) berserta jajaran dan masyarakat.

Atas nama pribadi, keluarga dan Pemkab HST, orang nomor satu itu, turut menguncapkan selamat merayakan ibadah kurban pada momen Idul Adha tahun ini bagi seluruh umat Islam khususnya yang merayakan di wilayah Bumi Murakata.

img 20240618 wa00577868152356647792062

“Saya ucapkan Selamat hari raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1445 Hijriah, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, semoga Allah menerima amal ibadah kita,” tuturnya.

BACA JUGA :  Bupati HST Lepas Ratusan Atlet POPDA Kalsel 2024

Ibadah kurban, menurut kepala daerah yang tergolong muda ini, mengandung dimensi persaudaraan dan kemanusiaan, yang semestinya selalu ada dan menjadi nilai utama dalam keseharian dikehidupan.

Termasuk dalam memperoleh keberkahan, kebaikan dalam kehidupan bermasyarakat. Termasuk, berbangsa dan bernegara.

“Semoga kita mendapat taufik dan hidayah-Nya, untuk bersyukur terhadap karunia Nya dan berbuat kebaikan dalam melaksanakan Hablum Minallah dan Hablum Minannas,”katanya.

Kegiatan salat Id Idul Adha yang dilaksanakan Pemkab HST di Taman Dwi Warna ini bertindak sebagai Khatib adalah KH Sulaiman yang merupakan Ketua MUI Kecamatan Batang Alai utara, dan Imam, Ustadz Ubaidillah.

KH Sulaiman, dalam khutbahnya mengangkat judul ‘Dua Teladan Qurban Nabi Ibrahim AS’, menjelaskan, bahwa peristiwa Nabi Ibrahim AS dijadikan sebagai model ibadah kurban dalam ajaran Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA :  Lepas Kontingen Porseni PGRI, Wabup HST Harapkan Junjung Tinggi Nilai-nilai Sportivitas

Makna didalamnya terdapat hikmah keteladanan yang sangat agung dari Nabi Ibrahim AS. Hal ini pula, umat islam dapat belajar bagaimana melakukan ibadah kurban yang baik dan benar.

Ajaran qurban, seyogianya menginspirasi setiap muslim untuk tidak hanya saleh secara ritual, tetapi juga saleh secara sosial. Menjaga kesimbangan hubungan Allah dan manusia, bahkan pada alam sekitarnya.

Usai salat ied, seluruh jajaran Bupati Aulia menggelar open house dengan mengundang seluruh warga HST di Rumah Jabatan Bupati HST. (Adv/prokopim HST)

Reporter : Ahmad Farisal
Editor : Nashrullah

Baca Juga