Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Bupati HST Pimpin Langsung Pemeriksaan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Bupati HST Pimpin Langsung Pemeriksaan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) melalui Dinas Pertanian setempat, laksanakan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Kesejahteraan Hewan dan Pemotongan Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

Kegiatan ini berlangsung di rumah peternak desa Banua Binjai, Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Selasa (11/6/2024).

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi, mengungkapkan, dalam pemotongan hewan qurban tentunya ada prosedur standart yang harus diikuti, pengurus handil kurban tentunya sudah paham akan tatalaksana pemotogan hewan kurban. “Kami mengingatkan kembali dalam menjaga kualitas pemotongan hewan yang ada di Kabupaten HST ini betul-betul kualitasnya dapat terjaga dengan baik,”ucapnya.

Orang nomor satu di Bumi Murakata ini menyebut, ada banyak hewan kurban yang dipotong tentunya tidak sesuai prosedur, selain keluar dari kaedah kesehatannya, juga bisa membahayakan bagi yang memakannya meski tak ada unsur kesengajaan.

BACA JUGA :  Serius Bentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik, Pemkab HST Bina Melalui Sistem Digitalisasi Ngaji.ai

“Dengan adanya pelatihan hari ini proses pemotongan, proses inspeksi hewan yang akan dikurbankan. Pemkab HST memastikan daging yang dibagikan dan dikonsumsi masyarakat aman,”katanya.

Dirinya mengharapkan kepada masyarakat yang hadir, untuk bisa mengajarkan ilmunya kepada warga yang lain, dalam rangka pemotongan hewan kurban. Agar sesuai dengan kaedah Kesehatan dan agama, sehingga masyarakat lain juga bisa mengetahui serta dapat mengimplementasi dengan baik dan benar.

“Kami mendorong dari pemerintah daerah kepada Camat dan ASN untuk memberikan contoh untuk berkurban sehingga bisa meringankan beban warga kita,” papar Bupati HST, Aulia.

Sementara Kepala Dinas Pertanian HST, Budi Satrya Tanjung, menyampaikan, Pemerintah mengadakan KIE tersebut bertujuan supaya dapat meningkatkan pemahaman dan penerimaan masyarakat terhadap pentingnya kesejahteraan hewan dan pemotongan ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

“Dinas Pertanian melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan telah menurunkan Tim Kesehatan hewan untuk melakukan pemeriksan hewan qurban.”ucap dia.

BACA JUGA :  Kondisi Sosial dan Ekonomi 2021 - 2023 di HST Menunjukkan Tren Yang Positif

Budi membeberkan, sampai saat ini persediaan hewan kurban untuk HST sebanyak 854 ekor. Baik persediaan sapi, kambing, domba, sampai kerbau untuk daerah HST mencukupi dan diprediksi ada kelebihan ketersediaan dari kebutuhan masyarakat.

Dalam hal ini, dia mengimbau agar peternak, masyarakat dan panitia kurban/handil agar tetap memperhatikan kesehatan dan kalayakan hewan ternak yang akan di kurbankan.

“Kami dari Pemerintah siap membantu dalam pemeriksaan jika ada keraguan masyarakat mengenai Kesehatan hewan yang akan di kurbankan dalam memastikan hewan ternak aman dan layak dikonsumsi,”tutupnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pemeriksaan hewan kurban di rumah peternak desa Banua Binjai Kecamatan Barabai, dipimpin langsung Bupati HST H Aulia Oktafiandi serta diikuti Ketua MUI HST, Kepala Dinas Pertanian dan undangan lainnya.

Reporter : Ahmad Farisal
Editor : Nashrullah

Baca Juga