Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Beri Perhatian ke Petani, Wabup HST Ikut Tanam Padi Bersama…

Beri Perhatian ke Petani, Wabup HST Ikut Tanam Padi Bersama di Desa Wawai Gardu

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI – Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Tengah (HST) H Masyah Sabri, laksanakan Gerakan Tanam Padi Bersama Kelompok Tani Pematang Indah, Desa Wawai Gardu, Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS), Rabu (12/6/2024).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati HST, H Masyah Sabri, menyampaikan, atas nama pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST memberikan apresiasi atas terlaksananya penanaman padi hari ini.

Tentunya, tambah dia, Pemkab HST sangat mendukung berbagai upaya dalam memajukan program dibidang pertanian. Hal ini, seiring dengan kebijakan Presiden Joko Widodo melalui visinya yang tertuang dalam Nawa Cita menaruh komitmen dan perhatian serius pada sektor pertanian

“Mewujudkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik menitik beratkan pada upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani,” ujarnya.

Dirinya menyebut, untuk meningkatkan produksi dan produktivitas padi dalam rangka mencukupi ketersediaan pangan beras berbagai bantuan baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat terus salurkan dinas pertanian. Di antaranya pemberian benih padi Inbrida dan 53 buah pompa untuk mendukung pengairan di persawahan.

BACA JUGA :  Pantau Harga Komoditas, Wabup HST Blusukan di Pasar Keramat Barabai

Orang nomor dua di Kabupaten HST ini mengajak para petani agar merubah pola pikir dan perilaku menuju budaya kerja yang lebih baik dan lebih cerdas.

“Melalui para petani yang handal semoga HST tercinta ini, mampu lebih mandiri dan berdaya saing di masa yang akan datang, ” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian HST, Budi Satrya Tanjung mengharapkan kepada para petani tetap harus semangat memelihara dan berproduksi.

“Terus motivasi kan diri serta konsisten untuk lebih meningkatkan luas tanam maupun produktivitas panen padinya di masa depan,” ucapnya.

BACA JUGA :  Sulit Dipercaya, Pambakal Lok Buntar Aniaya Warga

Sebagai bentuk kepedulian kepada petani, ada beberapa upaya yang dilakukan Pemkab HST pada tahun 2024 yakni mengalokasikan bantuan dari APBN, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten.

Buktinya, bantuan tersebut adalah Alat Mesin Pertanian (alsintan) berupa Pompa 3 Inch yang berjumlah 53 unit untuk Kab HST. “Hari ini akan diserahkan secara simbolis bantuan kompanisasi tersebut oleh Wabup HST kepada Kelompok Tani Pematang Indah desa Wawai Gardu dan Poktan Tunas Baru desa Wawai Kecamatan BAS,” tutupnya.

Tak sendiri, Wakil Bupati HST juga didampingi Dandim 1002/HST, Perwakilan Polres HST, Kepala Dinas Pertanian HST, Perum Bulog Barabai, Sekcam BAS dan Pimpinan Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

Reporter : Ahmad Farisal
Editor : Nashrullah

Baca Juga