Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Gelar Karya P5, SMA 1 Halong Perkuat Nilai Demokrasi dan…

Gelar Karya P5, SMA 1 Halong Perkuat Nilai Demokrasi dan Kewirausahaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BALANGAN – Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan nilai-nilai Pancasila, SMAN 1 Halong melaksanakan Gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan fokus pada kewirausahaan dan suara demokrasi, bertempat di Lapangan SMA 1 Halong, Kecamatan Halong, Rabu (12/6/24).

Proyek ini bertujuan untuk menguatkan profil pelajar dalam hal kepemimpinan, kewirausahaan, serta pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai demokrasi yang terkandung dalam Pancasila.

Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak dari lingkungan sekolah, menekankan pada pembelajaran praktis dan partisipatif. Melalui serangkaian kegiatan seperti lokakarya, pemilu ketua osis , dan simulasi, para siswa SMAN 1 Halong dipersiapkan untuk menjadi agen perubahan yang bertanggung jawab dalam masyarakat.

Saat ditemui usai acara, Kepala Sekolah SMA 1 Halong Rikhy Kurniawan, mengatakan ini adalah langkah konkret dalam mempersiapkan generasi muda kita untuk menjadi pemimpin masa depan yang berintegritas, berdaya saing, dan memiliki kesadaran akan nilai-nilai Pancasila serta demokrasi.

BACA JUGA :  DPRD Balangan Setujui 3 Raperda

“Dimana projek siswa selama satu tahun pembelajaran, tema yang di ambil kali ini yaitu kearifanlokal kewirausahaan dan demokrasi, untuk demokrasi kita melaksanakan simulasi pelaksanaan pemilihan ketua osis yang dirancang persis sama seperti pemilihan umum yang dilaksanakan di Indonesia”

Salah satu aspek penting dari proyek ini adalah pengembangan keterampilan kewirausahaan di kalangan pelajar. Melalui pelatihan praktis dan bimbingan dari bapak ibu guru, siswa diajarkan tentang konsep dasar bisnis, manajemen keuangan, pemasaran, dan inovasi.

Sementara itu, hadir dalam kegiatan Camat Halong, Rahmadi, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini dapat memperkuat kewirausahaan di kalangan pelajar, mereka akan menjadi generasi yang mampu menciptakan lapangan kerja dan menggerakkan perekonomian secara berkelanjutan.

BACA JUGA :  SSB MPC Gelar Turnamen Sepak Bola Mini U-12 dan U-14 di Batumandi

“Diketahui Kecamatan Halong merupakan kecamatan yang mempunyai ragam budaya, suku, etnis dan agama. yang dalam hal ini pula anak-anak bisa menampilkan kearifannya semoga ini akan menjadi agenda tahunan di SMA 1 Halong yang dapat mendorong siswa-siswa dalam berwirausaha nantinya.

Terakhir, disampaikan Ketua Osis SMA 1 Halong Metii, dengan semangat kewirausahaan dan pemahaman yang mendalam tentang suara demokrasi, para siswa SMAN 1 Halong yang terlibat dalam proyek ini siap menghadapi tantangan global dan berkontribusi secara positif.

“Saya selaku setua osis sangat bangga dengan adanya kegiatan ini yang mana bisa memperlihatkan penampilan projek P5 dan siap menghadapi tantangan besar dan berkontribusi secara positif di masa mendatang” ucapnya.

Baca Juga