Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Disperindag Banjar Latih Pelaku Usaha Karet ke Bogor, Sharing Tip…

Disperindag Banjar Latih Pelaku Usaha Karet ke Bogor, Sharing Tip dan Trik Olah Sendal dan Sepatu Bahan Karet

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

 

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar mengajak pelaku usaha karet dari empat kecamatan ke Pusat Penelitian Karet, Jalan Salak, Bogor Jawa Barat selama 5 hari. Pengusaha dari Kecamatan Aranio, Karang Intan, Mataraman, Simpang Empat dilatih membuat sendal karet.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari program peningkatan mutu karet

Ribbed Smoked Sheet (RSS) atau Karet lembaran asap bergaris. Pelatihan sendiri berasal dari Program Pengembangan Ekonomi Lokal Daerah (PELD) Karet Kabupaten Banjar yang didukung Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI.

“Pelatihan ini sesuai dengan master plan pengembangan  ekonomi lokal daerah karet Kabupaten Banjar, di mana salah satu komoditi unggulan Kabupaten Banjar adalah karet,” kata Kepala Disperindag Banjar I Gusti Made Suryawati didampingi Kepala Bidang Perdagangan Jimmy, kemarin.bahan karet

BACA JUGA :  Menjelang Haul Ke-32 KH Herman Hasyim Pengaron, 10 Ribu Bungkus Nasi Disiapkan

Bimbingan langsung difasilitasi oleh Pusat Penelitian Karet Bogor yang berada di bawah PT Perkebunan Nusantara. Perusahaan itu merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah Kementerian BUMN RI.

Sedangkan Direktur Pusat Penelitian Karet M Supriadi bersama Asep Burhanuddin, penanggung jawab Pelaksana Penelitian Karet membenarkan bila pelatihan seperti ini sangat memotivasi pengusaha lokal mengembangkan usaha karet. Semua peserta tegas Supriadi diajak mengunjungi usaha rumahan pembuatan sepatu dan sendal di daerah Cibaduyut, Bandung.

“Kita berikan gambaran kepada pelaku usaha karet dari Banjar tentang pembuatan sepatu dan sendal kostum ditunjukkan alat untuk mengukur ukuran sendal dan sepatu yang sesuai standar,” tegas Supriadi.

BACA JUGA :  Panen Padi Lahan Pilot Project Serasi Sungai Tabuk

Sementara itu, Asep Burhanuddin menegaskan, peserta dikenalkan secara detail tentang polimer karet. Mendatangi galeri yang memasarkan olahan karet plus ke Laboratorium pusat penelitian karet untuk mengetahui mesin dan bahan untuk pembuatan  berbagai bahan olahan dari bahan.

Peserta dari Banjar menurutnya sangat bersemangat mengembangkan usaha. Apalagi ketika diberikan informasi langsung oleh Rizal, pemilik langsung pabrik sendal UD Muz’har yang bertempat di Kota Batu, Bogor. Di sini peserta dilatih membuat sol sepatu dari bahan karet.

Baca Juga