Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Peringati Hari Lansia, Dinas Kesehatan Gelar Pemeriksaan Kesehatan

Peringati Hari Lansia, Dinas Kesehatan Gelar Pemeriksaan Kesehatan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA-Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar memperingati hari lanjut usia nasional ke-23 2019, dengan menggelar pengobatan gratis dan sosialisasi lansia sehat dan berdaya, keluarga bahagia di Guest House Sultan Sulaiman Martapura, pada Selasa (16/07)

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-23 itu dibuka Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Raudhatul Wardiah, didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kasehatan Banjar Rahimayanti.

Di hadapan para lansia Raudhatul Wardiah mengatakan, kegiatan bertujuan untuk melembagakan nilai-nilai sosial masyarakat, meningkatkan kesadaran lanjut usia, generasi penerus, keluarga dan masyarakat tentang pentingnya berbangsa dan bernegara.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong motivasi individu, keluarga, masyarakat dan dunia usaha untuk meningkatkan kesejahteraan lanjut usia serta meningkatkan kerjasama lintas sektor dari pusat sampai daerah,” ujarnya.

BACA JUGA :  Golkar Banjar Coret Aturan Biaya Daftar untuk Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati

Lebih lanjut Raudhatul menambahkan, pada kesempatan ini, Ia berharap kepada semua pihak untuk betul-betul menghadirkan hubungan yang erat, dan peduli antar sesama, khususnya kepada para lansia agar terciptanya suatu keharmonisan, saling menghargai, menghormati satu sama lain.

“Para lansia adalah sosok yang memiliki kebijakan kearifan, dan pengalaman berharga yang dapat dijadikan teladan bagi generasi penerus dalam menentukan arah kehidupan pembangunan nasional di masa mendatang,” ucapnya.

Kepada Sejumlah Wartawan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinaa Kesehatan Kabupaten Banjar Rahimayanti mengatakan, perhatian kepada para lansia ini tidak hanya pada momentum Hari Lansia saja, Namun menurut Rahimayanti ini telah di lakukan mulai ditingkat kota hingga kedesa di Kabupaten Banjar.

“Seperti pada puskesmas-puskesmas sudah ada alur pelayanan khusus untuk para lansia, jadi tidak perlu mengantri ketika para lansia berobat,” ujarnya.

BACA JUGA :  Aksi Warga Tambak Anyar Ulu Patut Kita Contoh, Belum Tuntas Bangun Proyek Jamban Individual Berani Bongkar Jamban Terapung

Rahimyanti juga menjelaskan di tingkat desa pun saat ini juga telah dilaksanakan Posyandu untuk Lansia pada setiap bulannya.

Lebih lanjut Rahimayanti menjelaskan dilihat dari Provorsi jumlah penduduk di Kabupaten Banjar, untuk usia harapan hidup bagi lansia saat ini telah terjadi peningkatan, Namun Ia berharap peningkatan usia harapan hidup ini juga harus dibarengi dengan kualitas hidup yang meningkat dan produktif. Bahkan Ia menginginkan para lansia ini dapat menjadi kader-kader potensial untuk meningkatkan kwalitas kesehatan dilingkungannya. Dengan memberikan pengalaman-pengalaman yang positif.
Diketahui Sosialisasi di ikuti 120 peserta terdiri dari para Lansia dan Perwakilan Petugas 24 Puskesmas se-Kabaputen Banjar.

Penulis M Sairi

Baca Juga