Matang Keladan Banjir Pengunjung. Pokdarwisnya Terbaik 16 Besar Tingkat Nasional

 

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Kerja keras Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Riam Kanan tembus 16 besar tingkat nasional. Setelah dibina Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar kelompok sadar wisata terbaik tingkat provinsi. Kemudian nominasi 16 besar tingkat nasional.

“Pekan ini kita diundang oleh kementerian. Ada presentasi Pokdarwis serta perkembangan wisata matang keladan ke Jakarta,” kata Ketua Pokdarwis Pesona Riam Kanan Julpani di Martapura, Selasa (24/9/2019) tadi.

Matang Keladan kata Julpani terus terkenal. Tiap bulan kunjungan meningkat. Sekitar 4 ribu orang sebulan. Akhir pekan adalah puncak wisatawan datang ke Matang Keladan. Menikmati matahari terbit dan tenggelam. Padahal, Matang Keladan baru hadir sebagai objek wisata pada 2015 lalu.

Terpisah, Kepala Bidang Bidang Destinasi dan Pengembalian Obyek Wisata, Faizal Riza Kasransyah menjelaskan, pokdarwis di Matang Keladan sangat maju. Pengelolaannya transparan. Bekerja sama dengan desa. Bumdes langsung hidup dengan penghasilan dari wisatawan. Kelembagaan sadar wisata tersebut diapresiasi oleh kementerian dan akan menerima penghargaan.(mam)