Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Bantuan PJU-TS dari Kementerian

Bantuan PJU-TS dari Kementerian

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

 

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Republik Indonesia meresmikan dan menyerahkan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Kabupaten Banjar. Serah terima ini bertempat di Aula Kecamatan Martapura Kota, kemarin.

Kabupaten Banjar bersama tiga Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Kotabaru mendapatkan 300 titik bantuan program pemasangan PJU-TS dari Kementerian ESDM. Asisten Perekonomian Pembangunan Kabupaten Banjar I Gusti Nyoman Yudiana bersyukur menerima bantuan tersebut. Pasalnya Kabupaten Banjar sangat luas. Terluas ketiga di Kalsel dengan luas 4.668 km. banyak daerah terpencil mengalami krisis listrik.

“Kami ucapkan terima kasih mendapatkan bantuan program pemasangan PJU-TS dari Kementerian ESDM. Dari program ini sangat diharapkan masyarakat, “ungkap Nyoman Yudiana.

Ia mengimbau kepada masyarakat menjaga dan memelihara PJU-TS. Sehingga kemudian dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan tarap hidup masyarakat Kabupaten Banjar.

Selanjurnya, Inspektur Lima Dirjen Kementerian ESDM Yacobus Alexander Timisela menjelaskan, energi yang baru ini dapat mengefisiensi dengan penggunaan yang dapat bertahan lama. Dengan alat-alatnya yang sudah di kondisikan untuk saat ini.

BACA JUGA :  Galang Dana Gempa, ASN Ikut Bakumpulan Duit

Dengan 20 ribu titik lebih di berbagai provinsi, dan salah satunya Kalsel mendapat 300 titik di empat Kabupaten. Dan ini terus berjalan bukan hanya ini saja ada bantuan-bantuan lain dengan memanfaatkan energi-energi yang sekarang ini dikelola.

Untuk energi dari provinsi kemungkinan tahun depan, untuk perencanaan tenaga nuklir kemungkinan besar masih digodok dan untuk saat ini akan dikembangkan Direktorat Energi Terbarukan. Dari situ akan dikelola baik tenaga air, tenaga angin, tenaga matahari dan tenaga yang di dalam tanah yaitu nuklir, jadi semua alam pemberian tuhan dimanfaatkan.

Sedangkan, Anggota DPR RI Komisi VII HM Dardiansyah mengharapkan, sumber daya alam khususnya Batubara mungkin terbatas dengan waktu, mungkin sekitar 10 sampai 20 tahun bisa bertahan namun selebihnya tidak bisa lagi. Dengan itu maka sudah dipersiapkan dengan tenaga energi PJU.

BACA JUGA :  Pemkab HSS Gelar Lomba Lestarikan Permainan Balogo

Dikembangkannya energi terbarukan yang nantinya akan berada di Kalimantan meliputi sumber energi angin, air, matahari dan nuklir. Pengembangan ini pun untuk mempersiapkan yang nantinya Kalimantan menjadi ibukota negara dengan infrastruktur untuk orang banyak.

“Melihat perkembangan jaman sudah modern dan untuk itu negara kita akan mengembangkan semuanya dalam pengembangan energi terkhusus nuklir, karena nuklir ini sangat ramah lingkungan mengingat negara-negara maju menggunakan dan tidak menggunakan batubara lagi, ”jelasnya.

Sebelumnya telah diserahkan miniatur PJU-TS dari Kementerian ESDM RI kepada Wakil Sementara DPRD Banjar H Agus Maulana Rusli. Dilanjutkan dengan peresmian Lampu PJU di jalan Sekumpul Ujung Desa Indrasari tembusan Stadion Demang Lehman Martapura.

Baca Juga