Sering Terjadi Kecelakaan, U Turn Depan Taman Van Der Pijl Ditutup.

HEADLINE9.COM.BANJARBARU – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarbaru menutup U Turn (putar arah) di Jalan A.Yani Km 34 Banjarbaru depan taman Van Der Pijl, Penutupan tersebut dilakukan sejak Selasa (17/09/2019).

Akibat penutupan itu mendapatkan tanggapan beranekaragam dari pengguna jalan tersebut.

“Takutnya kalau ditutup jalan U Turn itu akan membuat kemacetan dihari dan jam kerja dan membuat jarak tempuh menjadi lebih jauh,” ujar salah seorang pengendara, Rahmat.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Angkutan Jalan Zaini Syahranie menyatakan, bahwa penutupan itu bukan tanpa sebab, Sesuai petemuan hasil rapat dari forum lalu lintas (Lalin) diantara nya adalah pihak Polres, Dishub, PUPR ,” jelasnya kepada headline9.com saat ditemui di ruangannya, Selasa siang (15/10/19).

“Sementara kita tutup dulu sambil sosialisasi, kalau efektif langsung kita tutup permanen, ” Katanya.

Disampai kan oleh pihak polres lanjut Zaini Syahranie, saat rapat bahwa di jalan tersebut sering terjadi kecelakaan saat U Turn masih dibuka dan dari data tersebut pihak terkait menyimpulkan U Turn harus ditutup dan ini masih sosialisasi sesuai aturan yang berlaku dengan peraturan pemerintah nomer 96 tahun 2015 bahwa U Turn itu seharusnya berjarak 1Kilometer.

” Kalau menurut peraturan pemerintah nomer 96 Tahun 2015, bahwa tempat berputar arah dari satu tempat ketempat lainnya adalah satu kilometer, Bahkan di kota lain bisa mencapai dua kilometer,” jelasnya.

Adapun harapan Zaini kepada masyarakat Banjarbaru terkait penutupan putar balik arah tersebut, menginginkan agar masyarakat mematuhi lalu lintas dan rambu rambu yang ada.

” Saya menghimbau kepada masyarakat Banjarbaru khusus nya jika jam-jam sibuk cobalah mematuhi aturan berlalu lintas agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan yang merugikan diri sendiri dan orang lain ,” Tegas Zaini.

Penulis Putri