Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2019 tingkat Kabupaten Banjar Resmi Ditutup Guru Khalil.

HEADLINE9.COM, MARTAPURA-Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2019 tingkat Kabupaten Banjar terlaksana dengan lancar, sukses, dan semarak. Selama empat hari pelaksanaan, lokasi acara di Ruang Terbuka Hijau Ratu Zalecha, Martapura, disesaki masyarakat.

Kegiatan yang dibuka sejak Selasa (22/10) sore lalu, peringatan momentum tahunan itu berakhir, Jumat (25/10) malam. Seremonial acara penutupannya juga dihadiri oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman.

Orang nomor satu di Bumi Barakat yang akrab disapa Guru Khalil ini mengungkapkan apresiasinya kepada panitia penyelenggara yang telah sukses menggelar peringatan Hari Santri Nasional 2019 tingkat Kabupaten Banjar.

“Selamat kepada PC Nahdlatul Ulama Kabupaten Banjar dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar yang telah sukses lancar melaksanakan peringatan Hari Santri Nasional 2019 ini,” ucap Guru Khalil.

Ia juga mengapresiasi kegiatan-kegiatan bernuansa Islami yang telah dilaksanakan. Seperti pameran pondok pesantren se-Kabupaten Banjar, perlombaan antarsantri se-Kabupaten Banjar.

Beragam jenis lomba yang digelar meliputi Musabaqah Tilawatil Quran, Festival Syair Maulid, Pidato Bahasa Arab, Musabaqah Qira’atul Kutub, Musabaqah Khattil Quran. Kemudian Kirab Santri, Tabligh Akbar, dan Seminar Hari Santri.

Melalui serangkaian kegiatan Hari Santri, Guriu Khali berharap dapat melestarikan dan meningkatkan kreativitas, produktivitas, kualitas, wawasan santri pada bidang kesenian dan budaya Islam di Kabupaten Banjar.

“Terlebih utama saya, kita semua dapat selalu menjaga jalinan silaturrahmi yang makin kuat dari waktu ke waktu,” tandas Guru Khalil.

Ia bangga karena santri di Kabupaten Banjar dari waktu ke waktu juga makin cerdas dan kreatif. Hal itu terlihat selama pelaksanaan lomba dan kegiatan lainnnya seperti Kirab Santri yang merefleksikan kreativitas para santri melalui beragam ornamen dan konsep penampilan.

“Saya juga gembira masyarakat sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2019,” ucap Bupati.

Ia menegaskan Pemerintah Kabupaten Banjar akan terus mendukung berbagai kegiatan yang berkontribusi positif untuk mewujudkan Masyarakat Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah.

“Tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dalam mensukseskan pelaksanaan peringatan Hari Santri tahun 2019 ini,” pungkas Guru Khalil.

Seperti tahun sebelumnya, cukup banyak pondok pesantren di Kabupaten Banjar yang berpartisipasi mengikuti peringatan Hari Santri Nasional 2019. Jumlahnya mencapai puluhan ponpes, namun yang mendirikan stand pameran sebanyak 19 ponpes. Seluruhnya menyajikan konsep stand yang smart dan edukatif.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjar Haris Rifani mengatakan, pelaksanaan kegiatan Hari Santri Nasional 2019 berdasar program kerja Disbudpar Banjar yang tertuang dalam Renstra dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Tahun 2019.

“Penyelenggaraan Kegiatan Hari Santri bertujuan memeriahkan dan melestarikan seni dan budaya Islam serta nilai tradisional. Sekaligus merealisasikan target kinerja utama pemerintah daerah dalam RPJMD yaitu kegiatan kebudayaan bernuansa religi,” Ujar Haris.

Penulis M Sairi