Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. DLH Banjar, Akan Luncurkan Program Kanopi.

DLH Banjar, Akan Luncurkan Program Kanopi.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM.MARTAPURA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar telah siapkan program Kanopi Banjar untuk penghijauan di kawasan pertambangan.

Kepala DLH Kabupaten Banjar, Boyke W Triestiyanto mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan program untuk menghijaukan tambang batubara yang ada di Kabupaten Banjar dengan menanam pohon yang bisa menjadi tempat berteduh.

“Karena lambat laun bekas tambang ini akan menjadi akses jalan utama, maka karna itu kami mempersiapkan program tersebut agar saat tambang sudah berhenti kawasan disana akan tetap hijau dan siap untuk menjadi jalan utama nantinya ,” ujar Boyke kepada Headline9 diruangan nya pada Senin (28/10/2019).

BACA JUGA :  Dikaitkan dengan PDAM, Begini Tanggapan mereka pasca Jalan Cor Beton dan Siring Ambruk

Program Kanopi Banjar tersebut nantinya akan bekerjasama dengan perusahaan tambang yang ada di Kabupaten Banjar.

“Tujuan kedepan jalan jalan di batubara itu saat batubara habis bisa jadi jalan umum, Dan ketika itu jadi jalan umum dalam keadaan naung dan rindang ” ucapnya.

Dalam program tersebut, Boyke mengatakan persiapannya tidak terlalu ribet, hanya perlu berkoordinasi dan mencari waktu luang untuk saling membicarakan bagaimana bagusnya untuk program ini.

“Kalo sudah ditambang nantinya berubah, kalo keseluruhan memang namanya Kanopi Banjar, tapi kalo yang menanamnya Bharamarta nanti namanya Kanopi Bharamarta termasuk yang lainnya, akan lebih mudah untuk menghitung sudah berapa pohon yang berhasil kita tanam di sana,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Semangat Keislaman di Martapura Timur: Pelaksanaan Haul KH Muhammad Sya’rani Arif

Penanaman pohon pun telah jadi pertimbangan DLH nanti nya yang akan ditanam dilokasi tersebut.

“Jika untuk jangka panjang mahoni, namun untuk jangka pendek pihak kami akan menanam trembesi yang dalam waktu lima tahun sudah rindang,” bebernya.

Boyke mangatakan, dengan terlaksananya program Kanopi Banjar tersebut, pihak perusahaan tambang dapat mengindors, Karena belakangan ini perusahaan tersebut sempat tersendat proses regenerasi dan reklamasi.

“Dalam program ini nanti nya akan mengajak mahasiswa untuk menanam pohon di kawasan tersebut,” Ujarnya.

Penulis Puput

Baca Juga