Pemkab Banjar Berikan Penghargaan Kepada Tenaga Kesehatan

HEADLINE9.COM, MARTAPURA-Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55 2019, Pemerintah Kabupaten Banjar apresiasi kenerja Dinas Kesehatan yang kian hari makin mengalami peningkatan. Tak hanya kepada instansinya, pihak pemkab juga menyerahkan penghargaan kepada para tenaga kesehatan.

“Pada momentum hari kesehatan ini, kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi serta penghargaan setinggi-tingginya atas perjuangan kawan-kawan tenaga kesehatan se-kabupaten banjar. Sehingga dengan pelayanan yang diberikan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, hal itu tentu dengan meningkatnya IPM, pemerintah kabupaten banjar,” ucap Sekda Banjar M Hilman, Senin (18/11/2019)

Dikatakan Hilman, berkat kerja keras para kawan-kawan tenaga kesehatan, besok Pemerintah Kabupaten Banjar akan menerima penghargaam sebagai kabupaten sehat, dari Kementrian Kesehatan Republic indonesia.

“ Besok kita akan dapat penghargaan dari kementrian kesehatan, dan akan diterima langsung oleh Bapak Bupati Banjar. Jadi memang sesuai dengan visi dan misi kabupaten banjar yang sejahtera dan barokah, diantaranya peningkatan layanan kesehatan, Pendidikan dan inprastruktur,” katanya.

Dengan capaian ini lanjut Hilman, merupakan pembuktian perjuangan selama beberapa tahun ini, danmemeberikan hasil dalam peningkatan pelayanan yang lebih baik lagi.

“ Juga pemerintah kabupaten banjar, khususnya melalui dinas kesehatan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyrakat. Memberikan jaminan kepada masyarakat, terhadap pelayanan yang baik. dengan melakukan akreditasi terhadap pasilitas kesehatan yang kita miliki,” ungkapnya.

Selain itu, Hilman juga mengatakan, saat ini sedang berjalan dan sudah berjalan akreditasi puskesmas-puskesmas yang ada dilingkup Pemerintah Kabupaten Banjar.

“ Jadi ada yang diakreditasi ulang, dan kemari nada yang belum diakreditasi, kita akreditasi. Dan akreditasi ini merupakan wujud dari niat upaya kita, bahwa apa yang dilakukan dengan penyiapan tempat-tempat kesehatan tersebut sudah pada garis yang benar. Sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Ikhwansya mengatkan, ditahun 2013 layanan kesehatan di Kabupaten Banjar berada diposisi kunci dalam Riset Kesehatan Dasar tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

“ Alhamdulillah dalam kurun waktu hamper lima tahun, kita sudah dapat meningkatkan Riset Kesehatan Dasar kita, dari yang sebelumnya diposisi 13, naik menjadi posisi 7,” ujarnya.

Dikatakan Ikhwansyah, hal Ini menandakan indek pembangunan kesehatan masyarkat semakin meningkat. Dan beberapa puskesmas sudah terakreditasi. Artinya apabila puskesmas sudah terakreditasiitu menandakan kulalitas pelayanan kita semakin meningkat.

“ Kalau bicara pelayanan, yang jelas kita mengutamakan tindakan preventif dan promotive lenih baik mencegah daripada mengobati.” Tutupnya.