Angin Puting Beliung, Hancurkan Rumah Warga di 3 Desa.

HEADLINE9.COM, MARTAPURA-Hujan deras, dan angin yang kencang membuat rumah warga di tiga desa yakni Desa Keramat Baru, dan Desa Keramat, Desa Pekauman Dalam Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar mengalami kerusakan akibat angin puting beliung.

Salah satunya Isna (42) Warga Desa Keramat Baru hanya bisa meratapi rumahnya yang hancur akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi pada Jumat (29/11/2019) sekitar pukul 14.30 wita.

Atap serta dinding rumah Isna beterbangan akibat angin yang melanda rumahnya tersebut, yang tersisa hanya bagian dinding depan dan sedikit bagian dapur.

“Saya lagi masak didapur, awalnya suara petir kencang, kemudian atap saya terbang, dan dindingnya juga terbang,” ujarnya.

Tak pikir panjang lagi, Isna yang saat itu bersama dengan anaklk dan kerabatnya langsung keluar rumah untuk mencari tempat yang aman.

“Saya lari ke rumah tetangga, tidak memikirkan harta benda lagi, yang penting kita selamat dulu,” katanya.

Akibat diterpa angin puting beliung, Isna mengaku untuk sementara menginap di rumak sanak saudaranya.

Dari informasi yang dihimpung oleh Headline9.com, untuk Desa Keramat Baru, terdapat 7 buah rumah warga yang mengalami kerusakan, 1 rusak berat,  1 rusak sedang, dan rusak ringan. Sementara untuk Desa Keramat, terdapat 2 buah rumah yang rusak ringan, dan untuk Desa Pekauman Dalam terdapat 4 buah rumah mengalami rusak ringan.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Banjar  Irwan Kumar, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim untuk melakukan pengecekan dan pendataan.

“kita sudah turunkan tim untuk melakukan pendataan, berapa yang rusak dan dimana saja,” ujarnya.