Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Hari Pertama Beroprasi, Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Dipadati Para…

Hari Pertama Beroprasi, Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Dipadati Para Penumpang.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM.BANJARBARU – Keinginan masyarakat Kalimantan Selatan memiliki Bandara Internasional ahirnya terwujud. Hal itu setelah diresmikannya  Bandara  Internasional Syamsudin Noor yang baru dengan ditandai mulai beroperasi dan melayani penumpang dihari pertama , Pada Selasa (10/12/2019) Pagi.

General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Endah Preastuty menuturkan, dengan berangkatnya pesawat maskapai penerbangan Lion Air menuju Jakarta, Selasa  pagi ini, sebagai tanda diresmikannya  pengoperasian Terminal baru Bandara Syamsudin Noor.

“Pembangunan bandara baru Syamsudin Noor ini, merupakan bentuk komitmen Pemerintah Pusat, Untuk Kalimantan Selatan pada khususnya,” terangnya.

Dikatakan Endah, Dengan beroperasinya bandara Internasional diyakini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Banua ini.

“Tidak hanya di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru saja, tapi juga di Kalimantan Selatan pada khususnya, ” ungkapnya.

BACA JUGA :  Batas Akhir Vaksin MR Gratis 31 Oktober 2018... Setelahnya, Ada Tarif yang Harus Dibayar

Pihaknya memperkiraan penumpang pada hari pertama ini, jumlahnya mencapai sekitar 8.000 penumpang, Walaupun pengoperasian Terminal Baru ini dilakukan pada hari kerja, bukan pada akhir pekan.

“Semoga dengan pengoperasian ini akan menarik wisatawan untuk datang ke Kalimantan Selatan, Serta masyarakat Kalsel pada umumnya bisa merasakan pelayanan penerbangan yang lebih baik dari sebelumnya, Saat berada di Bandara yang sudah berstatus internasional ini,” katanya.

Sementara itu, Proyek Pengembangan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ini, merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Dimana diamanatkan oleh Pemerintah RI, kepada Angkasa Pura I untuk mengatasi permasalahan kurangnya pelayanan penumpang angkutan udara yang terjadi.

Luas terminal baru Bandara Syamsudin Noor memiliki luas 77.569 meter persegi atau 8 kali lebih luas dibandingkan terminal lama yang hanya memiliki luas 9.043 meter persegi.

BACA JUGA :  Tampil Berbeda Schumvul Coffe Hadir Dikawasan Religi

Proyek ini terdiri dari pembangunan sisi darat, yang meliputi pembangunan terminal baru dan gedung kargo serta pembangunan sisi udara yang meliputi perluasan apron.

Beroperasinya terminal baru ini, akan menambah kapasitas penumpang menjadi 7 juta penumpang per tahun, Atau 5 kali lebih besar dibandingkan terminal lama yang hanya dapat menampung 1,6 juta penumpang per tahun.

Terminal baru juga ditunjang dengan 42 unit konter check in, tiga conveyor belt, dan ruang tunggu seluas 5.185 meter persegi. Tersedia pula, lahan parkir seluas 34.360 meter persegi untuk kendaraan roda empat dan dua.

Selain itu, hadirnya terminal baru Bandara Syamsudin Noor ini juga merupakan bagian dari komitmen Angkasa Pura I, untuk terus meningkatkan layanan kebandarudaraan berstandar internasional.

Penulis   Putri.

Baca Juga