Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Kabupaten Banjar Kembali Raih Penghargaan SAKIP

Kabupaten Banjar Kembali Raih Penghargaan SAKIP

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, JAKARTA– Kabupaten Banjar kembali meraih penghargaan Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Penghargaan diawal tahun 2020 ini merupakan yang keempat diterima secara berturut-turut di masa kepemimpinan Bupati Banjar H Khalilurrahman.

Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Inaya Putri, Provinsi Bali, Senin (27/01/2020). Penghargaan diserahkan oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan (RBKUNWAS) Kemenpan RB, Muhammad Yusuf Ateh, dan diterima oleh Sekda Banjar, Mokhamad Hilman.

Pada evaluasi tahun ini, Pemerintah Kabupaten Banjar kembali menerima SAKIP dengan nilai B, sebagaimana tahun sebelumnya.

BACA JUGA :  Ini Progres Pekerjaan Pipa PDAM Intan Banjar

Menurut Muhammad Yusuf Ateh, setiap tahun Kementerian PANRB melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah. Evaluasi tersebut telah dapat memetakan instansi pemerintah pada beberapa kategori.

Selain itu, rapor SAKIP bukan hanya menitikberatkan pada nilai yang diberikan, namun juga menunjukkan bagaimana kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran, sehingga dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat.

“Merupakan tantangan bagi pemerintah di tengah keterbatasan anggaran adalah bagaimana menggunakan anggaran dengsn lebih efektif dan juga efisien. Pak Presiden RI Joko Widodo menekankan penggunaan harus berorientasi hasil yang bisa mensejahterakan rakyat, salah satunya adalah perbaikan perencanaan anggaran hingga pelaksanaannya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Berikut Hasil Lomba Hari Santri Nasional Kabupaten Banjar 2018 yang Ditutup Guru Khalil

 

Melalui SAKIP KemenPAN RB berusaha mendorong instansi pemerintah untuk pencapaian prioritas pembangunan Nasional, melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi dan efektif sekaligus efisien.

 

Sekda Banjar Mokhamad Hilman menyatakan bersyukur atas penghargaan SAKIP yang keempat kalinya diterima Kabupaten Banjar. ‘Itu semua atas arahan Pak Bupati H Khalilurrahman serta kerjasama rekan-rekan di SKPD,” tandasnya.

Ditekankan, bahwa Bupati beserta jajaran di Pemkab Banjar terus berupaya meningkatkan pelayanan dan menyejahterakan masyarakat dengan penggunaan anggaran yang afektif dan efesien.

Baca Juga