Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar
  4. »
  5. Pemkab Banjar Kebut Tandatangan Elektronik

Pemkab Banjar Kebut Tandatangan Elektronik

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, MARTAPURA- Setelah menjalin kerjasama dengan Dinas Kominfo Statistik Persandian Kabupaten Banjar pada tahun 2019 lalu terkait implementasi tandatangan elektronik, rombongan dari Balai Sertifikasi Elektronik (BSE) yang dipimpin oleh Pengolah Data di Seksi Pelayanan Sertifikasi Elektronik BSE Badan Siber Sandi Negara, Cesario Oktanto Kisti lakukan tinjauan implementasi sertifikat elektronik instansi pemerintah tahun 2020, di Aula Kantor Diskominfostandi Banjar, Selasa (15/09) siang.

Dikatakan Sesario, kedatangan pihaknya tidak lain adalah untuk melihat implementasi atau penerapan tandatangan elektronik di Kabupaten Banjar. Mengumpulkan informasi kemudian info tersebut akan dirumuskan dan diformulasikan untuk menjadi sebuah rekomendasi saran guna optimalisasi pemanfaataan sertifikasi elektronik. Sesario menilai implementasi tandatangan elektronik di Kabupaten Banjar sejauh ini sudah cukup efektif.

“ sejauh ini yang kami lihat di Kabupaten Banjar secara umum cukup efektif, dimana langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemkab Banjar sudah cukup tepat. Mulai dari penyusunan Peraturan Bupati tentang tandatangan elektronik dan penyusunan standar operasional prosedur. Hal ini sangat penting karena tanpa adanya regulasi atau payung hukum yang kuat, tentunya pelaksanaan tandatangan elektronik di Kabupaten Banjar tdk bisa efektif.” ujarnya.

BACA JUGA :  Masalah Lahan Bayangi Pembangunan Waduk Riam Kiwa

Lebih jauh ia berharap penerapan tandatangan elektronik ini bisa diwujudkan guna memenuhi harapan sesuai dengan visi pemerintah untuk mewujudkan tata kelola sistem pemerintah berbasis elektronik yang efektif dan efesien, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kulitas birokrasi dan administrasi pemerintah.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar H.M. Aidil Basith mengatakan kedatangan Tim BSE guna menindak lanjuti perjanjian kerjasama yang ditandatangi pada oktober tahun 2019 lalu. Ini menunjukan bahwa pihaknya betul-betul melaksanakan penerapan tandatangan elektronik tersebut karena dilakukan evaluasi hari ini.
“alhamdulillah BSE benar-benar melakukan pembinaan kepada kita, dan melakukan evaluasinya. Dan untuk tahap awal ini alhamdulillah kita dinilai cukup baik,” ujarnya.

BACA JUGA :  Bappedalitbang Banjar Laksanakan Rapat Terkait Pedoman Perjadin

Aidil Basith menambahkan, kegiatan ini akan berlanjut pada besok hari dimana BSE akan melakukan pemaparan hasil dari evaluasi, serta memeberikan penjelasan kepada para pimpinan SKPD dan pejabat lainnya terkait betapa pentingnya tandatangan elektronik dimaksud.

BSE sendiri telah memberikan pelayanannya kepada seluruh instansi pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah. Hingga bulan September ini sudah melayani sekitar 263 instansi, perusahaan serta BUMN.
Kegiatan ini juga dihadiri Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Eddy Elminsyah Jaya, Kasi Pengelolaan Media Informasi dan Komunikasi Publik M.Hamdani serta beberapa staf lainnya. (lin)

Baca Juga