Kalsel Rencanakan Bangun SKPT dan SPDT

0 Shares

HEADLINE9.COM, BANJARBARU – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan rencanakan pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) dan Sentra Perikanan Daratan Terpadu (SPDT) di Kalsel.

Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel M Fadheli mengatakan rencana SKPT maupun SPDT seiring dengan potensi kelautan dan perikanan di Kalsel yang tinggi dan memanfaatkan daerah pesisir.

Selain itu, dikatakannya Kalsel nantinya akan menjadi pintu gerbang Ibukota Negara baru. Untuk itu disektor kelautan dan perikanan harus mempersiapkan penyangga pangan dari sektor hasil perikanan.

“Saat pembangunan SKPT dan SPDT pengolahan hasil perikanan diharapkan dapat menyuplai ke ibukota negara baru dan untuk konsumsi didaerah kita sendiri, untuk pemasaran hasil kelautan dan perikanan saat hanya di Kalbar, Kaltim dan Kalteng,” jelasnya.

Kemudian Fadheli meungkapkan, kewenangan Pemprov dalam  pengelolaan perikanan daratan atau budidaya air tawar terbatas sesuai dengan Permendagri 90 tahun 2019.

“Kewenangan perikanan daratan berdasar Permendagri ada pada pemerintah kabupaten/kota,” ujarnya.

Lantas bagaimana cara Pemprov ikut berperan dalam pengelolaan perikanan daratan maupun air tawar?

Fadheli mengatakan dengan pembangunan SKPT sebagai langkah yang tepat agar Pemprov dapat berperan dalam pengelolaan budidaya air tawar di lintas Kabupaten/Kota se Kalsel.

Lanjut, dalam pembangunan SPDT nanti akan ada pengembangan bisnis perikanan daratan berbasis kawasan Perairan Umum Darat (PUD) dari hulu sampai hilir seperti pengembangan kelembagaan, sarana dan prasarana, pengembangan sumber daya perikanan berkelanjutan.

Pengembangan SPDT akan berfokus pada peningkatan nilai tambah dan daya saing serta modernisasi korporasi. Dengan adanya SPDT akan membangkitkan perekonomian masyarakat di air tawar baik kegiatan tangkap, budidaya dan lainnya.

“Intinya pembangunan SKPT dan SPDT ini perlu langkah bersama dan sinergi antar Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten Kota,” kata Fadheli.

Fadheli berharap, dengan potensi yang ada apabila dikelola dan dimanfaatkan dengan baik maka akan membangkitkan usaha masyarakat di bidang perikanan daratan.

“Dengan upaya tersebut para pelaku utama kegiatan perikanan dan pelaku usaha kelautan dan perikanan akan mendapatkan keuntungan ekonomi yang tinggi. Sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pesisir,” tandasnya.

0 Shares

Terbaru

Banjir Kalsel, Jokowi Temui Pengungsi di Stadion Demang Lehman

MARTAPURA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan tiba di posko pengungsian di Stadion Demang Lehman sekitar pukul 15.30 Wita, Senin (18/1/2021). Kedatangan Jokowi...

Awal 2021 Perusda Tanbu Punya Gebrakan Baru Untuk Kembangkan Semua Sektor.

BATULICIN Headline9.com- Perusahaan Daeah (Perusda) Tanah Bumbu diawal memiliki gebrakan baru berbagai program kerja baru sebagai upaya mendukung program pemerintah daerah untuk percepatan pemulihan...

Darmawan Tinjau Posko Pengungsian dan Dapur Umum

headline9.com, BANJARBARU - Walikota Banjarbaru H. Darmawan Jaya Setiawan meninjau 3 posko pengungsian dan dapur umum. Seperti Posko Gor samping Masjid Kanzul Khairat, posko...

Mendarat di Kalsel, Jokowi Lansung Tinjau Banjir di Desa Mekar Kabupaten Banjar

Headline9.com, MARTAPURA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam meninjau bencana banjir yang melanda Kalsel dalam sepekan yang merendam 10 Kabupaten/Kota,...

Artikel Terkait

%d blogger menyukai ini: