0 Shares

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Ribuan kaum muslim seluruh Indonesia dan luar negeri menghadiri haul KH Syarwani Abdan ke-30 di kompleks pengajian Pondok Pesantren Datu Kalampaian, Gang Mujai, Kelurahan Kauman, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur,  Minggu (28/10) malam.

Turut hadir keluarga besar Bupati Banjar H Khalilurrahman bersama habib dari Yaman. Berbagai ulama dari beberapa pejabat penting di daerah juga menyatu bersama Jemaah. Termasuk diantaranya mantan Gubernur Kalimantan Selatan H. Rudy Ariffin.

Ustaz H Wahbi Zaini, cucu Guru Bangil, sapaan KH Syarwani Abdan menyatakan, kakeknya salah satu keturunan Datu Kelampaian. Pernah menuntut ilmu di Pondok Pesantren Darussalam Martapura dan melanjutkan studi serta bermukim ke Bangil.

Di usia 16 tahun, Guru Bangil berkesempatan ke Tanah Suci Makkah, untuk menunaikan haji serta menuntut ilmu bersama saudara sepupunya yang bernama KH Sya’rani Arif. Keduanya mendapat bimbingan langsung dari KH Kasyful Anwar.

Sedangkan Guru Khalil, panggilan Khas Bupati Banjar menyatakan, Guru Bangil adalah ulama cerdas dan sangat pintar. Hanya 10 tahun tahun menuntut ilmu di kota Makkah sudah diakui rekan seangkatannya, salah satu sifat yang menonjol, Guru Bangil sangat tawadu. Padahal, di sana mendapat gelar mutiara dari Banjar.

Pada tahun 1970, Guru Bangil mendirikan pondok pesantren di Bangil yang diberi nama Pondok Pesantren Datu Kalampaian. KH Syarwani Abdan wafat pada tanggal 11 September 1989 sekitar pukul 19.00 WIB dalam usia 76 tahun dan beliau dimakamkan di Bangil.(MAS)

0 Shares