Komisi III DPRD Banjarbaru Apresiasi Command Center

HEADLINE9.COM, BANJARBARU РPemko Banjarbaru telah menerapkan operasional Command Center, sebagai pusat kendali untuk mengetahui berbagai kegiatan pelayanan publik dan aktivitas pada sejumlah titik di Kota Banjarbaru.

Hal ini mendapat perhatian dari Komisi III DPRD Kota Banjarbaru, para wakil rakyat ini mengapresiasi langkah Pemko Banjarbaru dengan adanya Command Center yang ditunjang dengan closed circuit television (CCTV) yang dipasang pada beberapa titik, yang meliputi bundaran simpang empat, jalan ahmad yani, jalan RO Ulin, serta kawasan lapangan murdjani dan sejumlah ruang terbuka hijau lainnya, termasuk di lingkup Pemko Banjarbaru.

“Ini langkah yang tepat dilakukan pemerintah dalam menunjang berbagai kegiatan pelayanan publik. Selain itu dengan pemasangan CCTV pada sejumlah titik, akan membuat masyarakat merasa aman,” kata Nurkhalis Anshari, anggota Komisi III DPRD Kota Banjarbaru.

Keberadaan Command Center bertujuan untuk mewujudkan program smart city tersebut tentunya akan sangat bermanfaat dan berdampak sangat besar bagi kemajuan Pemko Banjarbaru dan masyarakat luas.

Hal tersebut dikarenakan segala informasi mengenai Kota Banjarbaru dapat diketahui dengan layanan dan fasilitas yang telah disediakan.

“Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari fasilitas tersebut. Tentunya bukan hanya pemerintah, tapi juga masyarakat,” ungkap legislator PKS ini.

Keberadaan CCTV yang dipasang pada pusat-pusat keramaian publik yang tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk memantau aktivitas masyarakat. Akan tetapi fasilitas tersebut juga berfungsi untuk memonitor jika terjadi tindak kejahatan.

“Pelaku kejahatan tentunya akan berpikir dua kali kalau dia tahu pada pusat keramaian dipasang CCTV. Jadi CCTV ini saya rasa ada dua fungsi langsung, pertama memantau aktivitas dan yang kedua dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan,” ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil Khalis ini mengharapkan agar kedepannya Command Center ini dapat dilengkapi secara detail dan update terkait data-data yang diperlukan serta dikembangkan lagi di Kota Banjarbaru.

Misalnya terkait CCTV hendaknya kedepan titiknya bisa ditambah dengan jangkauan yang lebih luas lagi, kemudian juga disetiap SKPD menampilkan data pendukung yang update, akurat dan komprehensif.

“Karena ini merupakan langkah mewujudkan program smart city dan dapat menjadi salah satu _icon_ kebanggan Kota Banjarbaru,” tandasnya.