Home » Tinjau Lokasi Wisata Religius Kubah Pagatan, Dinas PUPR Tanbu Akan Rehab Bangunan Yang Mulai Rusak.

Tinjau Lokasi Wisata Religius Kubah Pagatan, Dinas PUPR Tanbu Akan Rehab Bangunan Yang Mulai Rusak.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print

BATULICIN,headline9.com – Salah Satu Wisata Relegius yang berada di kabupaten Tanah Bumbu yakni Makam Syekh Mufti Muhammad Arsyad bin Muhammad As’ad atau Datuk Lamak tepat berada Kota Pagatan, kecamatan Kusan Hilir, selalu ramai dikunjungi peziarah baik dari dalam daerah maupun luar daerah bahkan dari pulau jawa.

Sayangnya, kondisi Kubah Pagatan ini sudah tidak tampak lebih bagus lagi, karena banyak bagian bangunan yang rusak bahkan mulai dari kubahnya hingga pendoponya.

Mengetahui hal tersebut, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu, Subhansyah ST, MT, langsung terjun lokasi Kubah pagatan guna melakukan pengecekan dan peninjauan., Minggu 23/05/21.

Plt.Kadis PUPR Tanbu Subhansyah mengatakan, setelah kita lakukan peninjau dan pengecekan ini kondisi Kubah pagatan, akan lakukan rehab ringan.

“Melihat kondisi Kubah sudah banyak bangunan yang mulai rusak, kita akan segera melakukan rehab ringan, sehingga kubah pagatan ini terus terjaga dan menjadi salah satu wisata relegius dibumi Bersujud, sebab ini makam guru kita selalu ramai dikunjungi oleh peziarah dari dalam maupun luar kota,” Kata Subhansyah Plt.Kadis PUPR Tanbu.

Menurutnya, komplek wisata religi ini, mengundang banyak peziarah. Sementara fasilitas yang ada di kubah Pagatan masih sangat minim dan banyak yang rusak. Sudah sepatutnya diperbaiki. Padahal, tempat ini selalu dikunjungi orang luar daerah.

“Dari pengecekan kita, akses jalan, kubahnya, plafon, atap dan kemudian dekat pintu masuk kubah bocor. Selain itu pendopo tempat warga berkumpul santai dan makan-makam juga sudah bocor,” jelasnya sembari mengatakan akan memasukkan rehab kubah ini di anggaran perubahan nanti.

Menirukan perkataan peziarah kepadanya, yang sempat ditanyai, juga berharap fasilitas ditambah, terutama kubah yang ukuran didalam masih sempit hingga tempat berjualan yang pas.

”Perlu ditata lagi, kalau bisa diperluas lebih bagus lagi,” tutup Subhan.

Baca Juga