Meski Sulit dan Penuh Tantangan, Puskesmas Telaga Bauntung Sukses Tingkatkan Capaian Imunisasi MR

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Penghargaan Puskesmas Paling Banyak Cakupan Imunisasi MR

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Kepala Puskesmas Telaga Bauntung bernama H Gusti Abdul Basit menerima penghargaan dari Bupati Banjar H Khalilurrahman setelah sukses dalam program imunisasi  Measles Rubella (MR) . penghargaan tersebut diserahkan Bupati Banjar H Khalilurrahman, didampingi Sekda Banjar H Nasrun Syah, dan Kepala Dinas Kesehatan Ikhwansyah, Senin (12/11) pagi.

Abdul Basit mengatakan, petugas kesehatan berhasil menyalurkan vaksin MR di wilayahnya, diakuinya meski sempat ada kendala, berkat fatwa MUI yang menyatakan boleh dalam penggunaan vaksin tersebut, akhirnya lancar melaksanakan vaksin MR. tugas ini berhasil berkat petugas serta masyarakat yang saling memahami tugasnya masing-masing.

BACA JUGA :  Kominfo dan Jurnalis Banjar Diskusi Bersama Kominfo Semarang

“Alhamdulillah, kita dapat memenuhi target sebanyak 95 persen dalam penyaluran vaksin MR. ke depannya, kita akan berusaha menuju angka 100 persen di 4 desa, ”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Ikhwansyah menyatakan, pemerintah memperpanjang jangka penyaluran vaksin MR sampai 31 Desember 2018. Dan, hingga saat ini, cakupan MR se-Kabupaten Banjar baru 40 persen.

“Tantangan kita banyak, namun tetap semangat sampaikan kepada masyarakat mengenai bahayanya campak rubella ini, dan tidak ada vaksin selain MR ini dan berbicara cakupan, daerah kabupaten banjar ini sangat banyak, sekitar 153 ribu yang perlu diberikan vaksin, ”katanya.

BACA JUGA :  Bupati Terima Hazmat Suit Produksi IKM Banjar

Ikhwansyah membenarkan, bila vaksin MR ini tetap berpolemik di masyarakat Kabupaten Banjar. bahkan masih ada beberapa pondok pesantren yang menolak dilaksanakannya vaksin MR.

“ini tantangan kita, bapak bupati juga sudah menyampaikan wajib diberikan imunisasi MR, dan yang jelas kami dari jajaran kesehatan terus berupaya untuk melakukan imunisasi vaksin MR sampai batas akhir,” tegasnya.

Bupati Banjar H Khalilurrahman mengapresiasi capaian Puskesmas Telaga Bauntung. Ia terus mendorong masyarakat Kabupaten Banjar memanfaatkan waktu sampai 31 Desember untuk membawa anaknya ke fasilitas kesehatan. Vaksin MR ujarnya tidak dilarang, berdasarkan fatwa MUI hukumnya mubah.

Baca Juga