Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kandangan
  4. »
  5. Tali Asih Untuk Veteran dan Janda Veteran

Tali Asih Untuk Veteran dan Janda Veteran

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, KANDANGAN – Memperingati Hari Pahlawan 10 November, para veteran dan janda veteran Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mendapatkan tali asih dari Bupati H Achmad Fikry.

Bantuan diberikan secara simbolis di sela-sela upacara bendera memperingati Hari Pahlawan di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Sabtu (10/11) pagi ini sekaligus menyerahkan piagam penghargaan kepada relawan kemanusiaan dari Kabupaten HSS yang berangkat ke Sulawesi Tengah.

Kepada peserta upacara, Bupati HSS H Achmad Fikry berpesan bahwa peringatan Hari Pahlawan menjadi momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan.

“Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa, mulai dari yang dapat kita lakukan. Dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

Setiap zaman pasti ada pahlawan dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. “Hakikatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya. Tidak ada kata akhir/berhenti untuk berjuang. Setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis,” ujar Fikry membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita.

BACA JUGA :  Wisata Air Panas Tanuhi Dibuka untuk Umum Lagi

Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara, tapi harus sarat makna dan bukan hanya sebagai prosesi namun substansi. Setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

usai upacara peringatan Hari Pahlawan Pemkab HSS bersama Forkopimda melakukan berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bakti Banua di Desa Mawangi, Kecamatan Padang Batung.

Ziarah ditandai dengan mengheningkan cipta kemudian dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga dan tabur bunga.

BACA JUGA :  Rehab Lapangan Kambas Sisa Pemeliharaan Rumput, April 2019 Sudah Bisa Digunakan

Setiap peringatan Hari Pahlawan harus bisa mengambil makna yang terdalam dari sebuah peringatan tersebut. Salah satunya adalah semangat juang dan semangat untuk terus mempertahankan NKRI.

Tantangan dihadapi sekarang ini sudah beda dengan pejuang dulu, sekarang ini yang harus di perjuangkan adalah bagaimana cara bisa mengentaskan kemiskinan, mengurangi kebodohan dan berusaha mengurangi angka pengangguran. “Tugas- tugas berat ini yang harus diperjuangkan dengan semangat kepahlawanan, semangat kebersamaan” ujar Bupati.

Fikry juga menyampaikan rasa syukur atas di anugerahinya salah satu warga Kalsel menjadi pahlawan nasional yaitu Ir Pangeran Muhammad Noor oleh Presiden. “Semoga ini menjadi motivasi bagi kita untuk bisa melanjutkan perjuangan para pahlawan,” tandasnya. (mbur)

Baca Juga