Tugu Bundaran Lukah Iwak Nagara Tinggal Finishing

HEADLINE9.COM, KANDANGAN – Pembangunan bundaran dengan desain Lukah Iwak (Alat tangkap ikan tradisional) di kawasan Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Daha Selatan, yang dibangun Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) Hulu Sungai Selatan (HSS) hampir rampung dikerjakan.

Kepala Dinas Dispera KPLH HSS, MK Saputra melalui Kabid Pertanahan dan Prasarana Sarana Utilitas (PPSU) Mahyuni menjelaskan bahwa Pengerjaan tugu akan menjadi ikon baru ini bagi warga Nagara atau Kecamatan Daha ini saat ini tinggal beberapa pegerajaan kecil saja lagi.

“Lagi finishing, direncanakan tanggal 27 Desember nanti rampung 100 persen,” ujarnya.

Jika sudah selesai, tugu bundaran dengan desain Lukah Iwak di kawasan Nagara tersebut nantinya akan segera diresmikan. “Untuk peresmiannya masih menunggu arahan pimpinan (Bupati HSS Achmad Fikry),” tutur Mahyuni.

Jika bundaran Lukah Iwak selesai, semua warga diharapkan memelihara dan merawat dengan baik. Supaya dapat bertahan lama.

Pembangunan bundaran Lukah Iwak menggunakan dana Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp 198 juta lebih akan dikelilingi ornament relief dari ukiran tembaga dilengkapi dengan penerangan lampu LED warna warni.

Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp 198 juta lebih akan dikelilingi ornament relief dari ukiran tembaga dilengkapi dengan penerangan lampu LED warna warni.

Tugu bundaran Lukah Iwak dibangun dengan konstruksi beton bertulang supaya tahan terhadap beban mekanis.

Ornamen iwak menggunakan bahan sejenis tembaga dan lukah menggunakan besi galvanis bukan pipa sehingga tahan lama.

Tugu juga akan dilengkapi dengan lampu hias dengan pencahayaan persis seperti yang terdapat di tugu Dodol Kandangan. (mbur)