Home ยป Disperkimtan Lakukan Pendataan Terkait Pengangkatan Rumah Warga Terdampak Banjir di Desa Serdangan.

Disperkimtan Lakukan Pendataan Terkait Pengangkatan Rumah Warga Terdampak Banjir di Desa Serdangan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print

BATULICIN,headline9.com – Banjir di Desa Sardangan kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu) akhirnya mulai surut juga.

Hampir satu bulan, desa ini direndam banjir, sehingga warga harus membuat tempat tidur darurat yang mereka sebut Katilan.

Menindaklanjuti intruksi Bupati Tanahbumbu, dr HM Zairullah Azhar, Dinas Perumahan, Permukiman dn Pertanahan (Perkimtan) Tanbu, turun meninjau lapangan, Kamis (16/9/2021).

Dipimpin langsung Kepala Dinas Perkimtan Tanbu, H Ansyari Firdaus, bersama jajaran, menijau dan melakukan pendataan untuk menindaklajuti solusi banjir yang ada di desa langganan banjir ini.

Bahkan H Daus sapaannya, memilih menginap di desa itu untuk mastikan kondisi dan apa saja yang perlu diinvertarisir dan didata berapa jumlah yang benar-benar harus ditangani.

” Hari ini kami cek, invertarisir rumah-rumah warga bersama kepala desa, sesuai intruksi bupati,” katanya.

Dia memilih bermalam, agar serapan dan kajian yang dilakukan benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan.

” Setelah itu, akan kita rundingkan secara teknis penanganan seperti apa yang dilakukan karena opsi yang pertama adalah meninggikan tiang rumah untuk menghindari banjir langganan,” katanya.

Dia juga mengatakan Desa Sardangan ini memang menjadi langganan banjir. Bahkan dalam satu tahun bisa sampai 4 kali, seban itu perlu penanganan serius.

Sementara itu, Kades Sardangan, Andi Tanra, menyambut baik dengan apa yang dilakukan pemerintah untuk membantu warganya agar tidak kebanjiran lagi.

” Kami sangat bersyukur, usulan dari desa ternyata ditanggapi serius Pemerintah Daerah. Kami Terimakasih karena sudah mendengarkan dan menerima usulan warga,” katanya.

Baca Juga