Nasib Fasilitas Alun Alun Martapura, Rusak Karena Tangan Jahil Pengunjung

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Pengawasan mengenai fasilitas umum yang ada di Kota Martapura harus ekstra. Pasalnya masih ada saja tangan-tangan tak bertanggung jawab menodai atau merusak fasilitas umum.

Contohnya di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha Martapura atau Alun-ALun. Prasasti tulisan Martapura terlihat mengelupas, penyok, dan terungkap. Selain itu dinding Toilet umum juga pot bunga di sekitar prasasti itu terlihat ada coret-coretan. Tentu kondisi seperti itu membuat keindahan RTH itu menjadi tidak bagus.

Salah satu Warga Rantau Kabupaten Tapin, Jum’ani yang kebetulan mampir di RTH tersebut mengatakan, sangat menyayangkan  sekali ruang terbuka hijau, sebagian fasilitasnya dirusak, ada coret. Padahal, ikon Martapura mencerminkan warganya.

BACA JUGA :  PD Pasar Siap Tampung 420 Jamaah

“Prasasti alun alun cat nya mengelupas, ada penyok bahkan terungkap. Padahal ini dinikmati bukan saja warga Martapura bahkan ada warga diluar daerah yangg mungkin salah satunya saya. Dari perjalanannya istirahat di sini, “katanya.

Dia menambahkan, kondisi seperti  ini ditanggulangi secepatnya oleh Dinas terkait agar kerusakan tidak tambah parah.”Kalaupun ada petugas yang jaga, harus kerja maksimal, “ucapnya.

Rija Rusadi, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Pertamanan dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Banjar menuturkan, pihaknya baru saja memperbaiki prasasti tersebut. tapi, ada lagi tangan jahil merusak fasilitas tersebut.

BACA JUGA :  Kapolda Kalsel Terima Kunjungan Silaturahmi Kepala Bank Indonesia

“Tiga Bulan lalu sudah kita perbaiki, namun kembali mengelupas. Dan diduga itu sengaja di rusak oleh orang-orang tak bertanggung jawab,  “ujarnya.

Dikatakan Rija, pihaknya selalu berupaya untuk menjaga keindahan RTH itu dengan menunjuk petugas untuk berjaga di sana. “ Ada petugas khusus. Mereka jaga sampai jam 11 malam sebanyak 6 orang bergantian dari pagi hingga malam, ” tambahnya. (sairi)

Baca Juga