Kolaborasi Bidan dan Dukun Kampung Cegah Kematian Bayi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – kemitraan Bidan Desa dengan Dukun Kampung menggelar pertemuan pada Sabtu (01/12/2018) pagi di Puskesmas Martapura Timur.

Pertemuan Kemitraan Bidan Desa dan Dukun Kampung  itu bertujuan untuk melakukan upaya penurunan angka kematian Ibu dan Bayi.

“Saat ini angka kematian Ibu dan Bayi menurun drastis terhitung dari tahun 2015 sampai dengan sekarang   terjadi penurunan yang signifikan, namun untuk angka detail saya lupa tapi semua berkasnya ada di puskesmas, ” ujar Kepala UPT Puskesmas Martapura Timur Noor Islam saat dihubungi melalui telepon genggam.

BACA JUGA :  Arak Adipura Melalui 2 RTH, Start Dilepas Sekda dan Finish Disambut Bupati Banjar

Dia juga menambahkan, bahwa pertemuan Kemitraan Bidan Desa dengan Dukun Kampung ini  juga untuk menyamakan pemahaman bahwa tanggung jawab bidang jasa, bukan saja insan kesehatan tapi diharapkan semua elemen ikut andil dalam meningkatkan akses layanan kesehatan.

“Pertemuan kita kali ini selain untuk berupaya menekan angka kematian Ibu dan Bayi, tapi juga kita ingin memberi pemahaman. Bahwa ini bukan hanya pihak kesehatan yang berperan, tapi semua pihak pun sangat penting perannya, ”ucapnya.

BACA JUGA :  Sampah Dipilah, Bukan Dibakar dan Dibuang ke Sungai

Pada kesempatan itu juga, disinggung kegiatan PIS_PK (prog indonesia sehat melalui pendekatan keluarga) secara total coverage untuk melihat indeks keluarga sehat pada tahun 2018 ini direncanakan 7 desa harus selesai didata sedangkan 13 desa desas akan dilaksanakan 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh kepala UPT t puskesmas Martapura  Timur,seluruh Bidan desa dan Kukun Kampung, turut serta Kapolsek Martapura Timur.(sairi)

Baca Juga