Aksi Pj Kades Samugi Ikut Panjat Pohon Pinang, Meriahkan HUT Proklamasi RI Ke 77

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, KUALA KAPUAS – Masyarakat Desa Pulau Telo Baru kecamatan Selat Kabupaten Kapuas memiliki tradisi unik dalam memeriahkan Dirgahayu RI Ke 77, yakni pemerintah desa pulau telo baru dengan mengadakan lomba panjat batang pinang.

Pada momen HUT RI Ke 77 yang jatuh pada Rabu 17 Agustus 2022, acara lomba panjat batang pinang digelar di lapangan terbuka desa pulau telo baru, warga pun berdatangan untuk menonton maupun ikut panjat pinang.

Acara Panjat pinang ini disedikan berbagai hadiah yang nantinya akan dinaiki oleh kalangan remaja, dan untuk kalangan bapak-bapak.

Tanpa terkecuali aksi PJ Kades Pulau Telo Baru, Samugi yang ikut panjat pohon pinang meramaikan suasana 17 agustusan.

BACA JUGA :  Pemkab Kapuas Aksi Tanam Pohon Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Usai ikuti panjat pohon pinang, PJ Kepala Desa Pulau Telo Baru, Samugi mengatakan bahwa kegiatan panjat pinang ini diselenggarakan dalam rangka sebagai hiburan untuk masyarakat dan juga untuk memeriahkan hari proklamasi.

Acara ini adalah salah satu upaya agar tidak menghilangkan tradisi, melainkan untuk melestarikan tradisi yang sudah ada,” tutur Samugi. Rabu (17/8/2022).

PJ Kades Samugi yang juga sebagai Lurah Selat Hulu berharap untuk kedepannya kegiatan ini dapat terlaksana kembali.

Panjat pinang ini juga mengandung nilai-nilai kerja keras, gotong royong, dan yang paling utama adalah kesabaran untuk bisa naik di ujung pohon pinang tersebut,” ujar orang nomor satu didesa pulau telo baru.

BACA JUGA :  Bimtek Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga

Lanjut Samugi, bahwa di dalam kegiatan ini kesempatan masyarakat untuk saling menguatkan silaturahmi antar sesama dalam acara HUT Proklamasi RI.

Panjat pinang adalah salah satu lomba yang dilakukan dengan cara memanjat pohon pinang, kemudian batang pinang itu diberi sabun batang untuk membuat pohon itu licin, supaya nantinya orang yang naik kesusahan, dimana makna panjat pinang ini adalah mereka yang naik tadi harus bisa bekerja sama dan berkorban antara satu dengan yang lain, baik yang di bawah maupun yang di atas,” pungkas Samugi Lurah Selat Hulu. (Gus)

Baca Juga