Puncak HAN 2022, Pemko Banjarbaru Ajak Tingkatkan Kepedulian Terhadap Anak

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru menggelar acara Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022, dengan tema ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’, bertempat di Aula Bina Satria Banjarbaru, Kamis (04/08/2022).

Acara puncak Peringatan HAN 2022 Kota Banjarbaru digelar meriah yang diikuti oleh anak-anak dari Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD), yang memiliki tujuan mengapresiasi peran anak-anak dalam proses pembangunan Kota Banjarbaru, meningkatkan rasa percaya diri, stimulasi bakat dan kreatifitas anak, serta menyuarakan suara anak di Kota Banjarbaru.

Peringatan puncak HAN 2022 kali ini tidak hanya sekadar acara seremonial semata, tetapi menampilkan Dance ‘Banana ChaCha’ oleh TK Citra Indonesia, Pembacaan Suara Anak Kota Banjarbaru oleh Forum Anak Daerah Kota Banjarbaru, dan Dongeng Anak dari Enik Mintarsih.

Wali Kota Banjarbaru H. M. Aditya Mufti Ariffin saat menghadiri langsung acara puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2022 menyampaikan, ini merupakan momentum penting untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi kita semua dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh berkembang, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Alhamdulillah Banjarbaru mendapat penghargaan Nasional berkaitan dengan Kota Layak Anak tingkat Madya. Dan kami berharap ini menjadi vitamin untuk Pemerintah Kota dan seluruh masyarakat Banjarbaru untuk kita bisa benar-benar mewujudkan Banjarbaru sebagai Kota Inklusi,” katanya.

BACA JUGA :  Pemkot Banjarbaru Ajukan Raperda Perubahan APBD 2022 ke DPRD

Adiya melanjutkan, anak-anak dapat menjadi agen perubahan pembangunan apabila haknya dapat terlindungi dan tercapai.

“Banjarbaru kedepannya akan menjadi Kota yang ramah terhadap anak, Kota yang ramah terhadap perempuan yang bisa memberikan perlindungan dan pengayoman. Mudah-mudahan kita bisa lebih baik dalam memberikan perhatian khusus kepada ABK (Anak Berkebutuhan Khusus),” ujarnya.Pembacaan

Masih kata Aditya, saat ini Pemerintah Kota sedang mengkaji pembuatan Unit Pelayanan Disabilitas, betempat di Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru yang dalam waktu dekat akan segera di launching.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBPMP2A) Kota Banjarbaru Dra. Sri Lailana mengatakan, terselenggaranya puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2022 di Kota Banjarbaru bekerja sama dengan Forum Anak Daerah Kota Banjarbaru.

“Kita tidak tahu anak kita ini kedepannya menjadi apa, jadi peran kitalah sebagai orang tua yang mewarnai anak kita untuk sukses kedepannya. Oleh karena itu, digenerasi emas mereka ini kita mengupayakan memberikan pendidikan dan memenuhi hak mereka sebagai anak,” ucapnya.

BACA JUGA :  Si Jago Merah Lalap Pondok Pesantren Al Falah, Kerugian Miliaran Rupiah

PDengan momen puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2022 di Kota Banjarbaru, sudah seharusnya kita sebagai orang tua untuk lebih peduli dan memastikan anak-anak tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan hidup, berikan mereka semangat dan motivasi demi maju meraih cita-cita mereka.

Karena merekalah mata rantai penting dari anak-anak Indonesia khususnya di Kota Banjarbaru yang akan memegang peranan penting saat 100 tahun Indonesia merdeka, tepatnya di tahun 2045 mendatang.

Sekedar informasi, rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam Peringatan Hari Anak Nasional 2022 di Kota Banjarbaru diantanya, penanaman pohon serentak di SMA Negeri 3 Banjarbaru, Kampanye Hari Anak di Lapangan Doktor Murdjani, berpartisipasi pada pelaksanaan vaksinias Covid-19 pada anak usia dini di Lapangan Doktor Murdjani, melaksanakan lomba mewarnai untuk anak Paud dan SD kelas I sampai III, lomba menyanyi solo kelompok umur 10 sampai 15 tahun

Baca Juga

%d blogger menyukai ini: