Tanbu Menuju Adipura Ini Harapan Bupati Terhadap Tim Penilai  

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, TANAH BUMBU – Harapan Tanah Bumbu (Tanbu), untuk meraih Adipura merupakan cita-cita bersama, tentu daerah berjuluk Bumi Bersujud ini akan terus mengupayakan bersama perangkat tingkat bawah melalui RT sehingga ada kesadaran masyarakat dalam hal pengelolaan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanbu Rahmat Prapto Udoyo, melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Indah Maya Suryanti menjelaskan, adanya penilaian Adipura 2022 ini banyak memberikan manfaat edukasi bagi masyarakat.

BACA JUGA :  Wakil Bupati Muh Rusli Pimpin Apel Operasi Gelar Pasukan Lilin Intan 2021 Di Mapolres Tanbu.

“Upaya yang dilakukan DLH adalah membangun interaksi dengan masyarakat sampai tingkat RT guna menjelaskan bagaimana mengelola penanganan sampah yang bernilai ekonomis hingga menjadi tambahan masyarakat,” kata Indah Selasa ,(6/9).

Dia mengatakan, prinsip penilaian Adipura sebenarnya adalah penilaian kemandirian masyarakat untuk pengolahan sampah, utamanya melalui upaya pengurangan sampah, dan sirkular ekonomi.

“Jadi bagaimana sampah itu menjadi penghasilan, dan bernilai ekonomis akhirnya mereka bisa rasakan hasilnya, itu poin pentingnya,,” ujarnya.

BACA JUGA :  Lomba Cabang Hifdzil Al-Quran Golongan 1 Juz Tilawah Secara Virtual Mulai Digelar Hari ini.

Belum lama tadi Bupati Tanbu dr.HM Zairullah Azhar sudah menerima kunjungan Tim Adipura Provinsi Kalimantan Selatan.

Tim tersebut terdiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel, dan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Kalimantan.

Untuk itu, Zairullah mengharapkan Tim Penilai dapat memberikan arahan sehingga lingkungan yang bersih di Tanbu semakin baik lagi. (MHI)

Baca Juga