Luncurkan Program Bungas, Bus Angkutan Sekolah. Gratis 4 Hari Pertama

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Dinas Perhubungan Banjar meluncurkan program Bungas atau Bus Angkutan Sekolah yang melayani antar jemput anak sekolah. Masih uji coba selama 4 hari dengan trayek SMPN 1 Martapura, SMPN 3 Martapura, MTsN Antasari,  MTsN Hidayatullah, dan MTsN Model.

Dishub menjamin, selama masa percobaan, pelajar dibebaskan dari biaya, setelah 4 hari tiap siswa baru mengeluarkan ongkos sendiri sekitar Rp8 ribu PP yaitu dari sekolah ke rumah dan sebaliknya. Program ini khusus untuk siswa setingkat lanjutan tingkas pertama, setelah melalui tahap evaluasi kemungkinan ditingkatkan.

BACA JUGA :  Kalsel Bakal Terima Bantuan ISO Tank Ukuran 20 Feet Dari SKK Migas Kaltim-Sulawesi

“Program Bungas ini untuk mengurangi pelanggaran lalu lintas  serta menghindari pelajar menggunakan kendaraan pribadi ke sekolah. Pelajar dari sekolah menengah pertama belum wajib memiliki SIM,” kata Plt Sekretaris Dishub Faisal kepada Radar Banjarmasin di Martapura, kemarin (12/12) siang.

BACA JUGA :  Baru 35 Persen Warga Banjarbaru Tervaksinasi Covid-19

Dampak positif program Bungas cukup signifikan, ada penambahan penghasilan bagi sopir angkutan pelajar yang saat ini dalam kondisi mati suri. Di pihak keluarga pelajar, orang tua lebih merasa aman, mengurangi rasa was-was ketika berangkat naik kendaraan sendiri atau menghemat waktu antar jemput si anak.

Baca Juga