BPS dan OPD Pemkab Balangan Gelar Rakorda Regsosek 2022

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Balangan dan OPD Pemerintah Kabupaten Balangan menggelar rapat koordinasi daerah kegiatan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022, di Aula Benteng Tundakan, Senin (19/9/2022).

Acara yang bertajuk mencatat untuk membangun negeri itu merupakan titik awal dari gerakan satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat diharapkan dapat menghasilkan sebuah data yang akurat, tepat serta validitasnya dapat dipertanggungjawabkan. 

Regsosek adalah pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset, hingga informasi geospasial. 

Informasi yang komprehensif ini memungkinkan Regsosek menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk dan meningkatkan ketepatan sasaran program-program pemerintah.

BACA JUGA :  Balangan Siap Launching UKK Imigrasi April 2022

Pengetahuan akan peringkat kesejahteraan penduduk mampu membantu pemerintah berbagai tingkatan dalam menyasar penduduk rentan, miskin, dan miskin ekstrem, khususnya dalam perlindungan sosial dan tanggap darurat kebencanaan. 

Kepala BPS Kabupaten Balangan, Roy Suryanto, menyampaikan untuk kegiatan Regsosek ini ada beberapa tahapan yang dilakukan yaitu melakukan pendataan awal yang dimana pelaksanaannya dari tanggal 15 Oktober s/d 14 November tahun 2022, kemudian di tahun 2023di tindak lanjuti berupa pelaksanaan forum konsultasi publik dan penyerahan data.

Untuk itu, Pemkab Balangan sangat berkepentingan dalam kegiatan ini, terlebih BPS sangat konsen dalam menjalankan satu data terpusat. Sebab, dengan metode pendataan yang valid dan ilmiah, maka akan menghasilkan data yang akurat. Sehingga data itulah yang nantinya menjadi dasar acuan dalam membuat sebuah kebijakan. 

BACA JUGA :  Bupati Balangan Kukuhkan Paskibraka 2021

“Harapannya data Regsosek ini bisa di jadikan acuan oleh pemerintah daerah, OPD untuk bisa menjalankan kebijakan program-program bukan hanya untuk pengentasan kemiskinan tapi juga program untuk kesejahteraan masyarakat,”harapnya.

Diakhir acara dilakukan penandatanganan komitmen bersama satu data Indonesia dan pencanangan Desa Cantik Statistik yakni Desa Inan.

Turut hadir Asisten II Setda Balangan, Rody Rahmady Noor, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Balangan, M. Nor selaku narasumber, serta kepala SKPD terkait.

Baca Juga