Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. PemkabTanbu Bersiap Bentuk CSIRT

PemkabTanbu Bersiap Bentuk CSIRT

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Pemerintah Daerah Kabupeten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, melaksanakan Sosialisasi Persiapan Pembentukan Computer Security Insident Response Team (CSIRT), bertempat di Gedung Mahligai Bersujud Kapet (07/09/2022).

Sosialisasi Persiapan Pembentukan CSIRT di Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022 dibuka resmi oleh Bupati Kabupaten Tanah Bumbu, Abah HM Zairullah Azhar yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Andi Aminuddin.

Selanjutnya, selaras dengan hal tersebut Pemerintah Daerah sangat mendukung terbentuknya CSIRT pada Pemkab Tanbu dalam mencegah, mengelola dan menanggapi insiden keamanan informasi, sehingga tidak sampai mengakibatkan terganggunya layanan publik maupun kerugian finansial serta kebocoran data informasi.

BACA JUGA :  Warga Batulicin Irigasi Dilatih Buat Olahan Pangan

Kegiatan ini sangat penting dan strategis, sebagai upaya meningkatkan kapasitas aparatur sandi dalam rangka memberikan perlindungan data, dan informasi yang dimiliki oleh Pemkab Tanbu.

Penggunaan teknologi, khususnya teknologi informasi komunikasi pada Instansi Pemerintah saat ini berkembang sangat pesat menuju Good Governance, dan juga sedang bertransformasi menuju implementasi E-Government.

Seperti yang kita ketahui bersama, sesuai Pasal 4 Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara Nomor 10 Tahun 2019, tentang pelaksanaan persandian untuk pengamanan informasi Pemerintah Daerah.

BACA JUGA :  Bapenda Tanbu Pasang Alat Pedati, Tujuan Permudah Hitung Pajak 

“Kedepan, dengan pengelolaan keamanan informasi secara bersama-sama oleh semua instansi, dan SKPD dibawah koordinasi dinas komunikasi, informatika, statistik dan persandian, diharapkan dapat mengatasi serangan keamanan informasi,” ujar Andi Aminuddin.

Berhadir pada kegiatan pembukaan sosialisasi ini yaitu dari Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu, Polres Tanbu, Kodim 1022/Tnb, pejabat, staff dan petugas pengelola data aplikasi pada masing-masing SKPD maupun instansi Pemkab Tanbu

Baca Juga