Bukan Saja Jalur Darat… Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul Kemungkinan dari Sungai

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM,MARTAPURA – Menjelang haul ke-14  Al Alimul Al Alamah Al Arif Billaah al-Bahrul Ulum al-Waliy Qutb As Syekh Al Mukarram Maulana Kiai Haji Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari pada 9-10 Maret 2019 mendatang akan ada rute baru. Dishub Banjar bersama pihak terkait membuat peta tersebut agar lebih lengkap.

Jika biasanya pihak Dishub hanya mengamankan jalan darat, namun pada tahun ini akan ada pengamanan rute melalui sungai. Tahun lalu ada jamaah yang datang dengan menggunakan kelotok, namun kemarin tidak terpantau.

“Tahun ini kita akan arahkan anggota untuk back up jalur sungai,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Abdul Basit pada, Senin (21/01) siang di Martapura.

BACA JUGA :  DPRD Banjar Usulkan Dua Raperda Inisiatif.

Adapun untuk tempat kelotok itu bersandar Basit menjelaskan akan ada beberapa titik untuk para jamaah yang datang menggunkan kelotok nantinya akan bersandar. Diantaranya Pekauman sampai Murung Pasar.

“Dari sana nanti mereka para jamaah akan berjalan kaki menuju lokasi haul, dan inisiatif menggunakan kelotok ini juga dapat menghindari kemacetan jalur darat,” katanya.

Ditambahkan Basit, dengan dibukanya jalur sungai ini merupakan rute tambahan pada haul tahun ini. “Setiap tahun kita selalu mengevaluasi, agar lebih baik lagi dalam pengaturan untuk jamaah haul yang nanti datang,”ujarnya.

BACA JUGA :  Peringatan Hari Pahlawan Dipusatkan di LPKA Martapura

Selain itu kata Basit juga menghimbau, agar para jamaah yang datang dari Hulu Sungai dan Banjarmasin untuk menempelkan stiker di kendaraan mereka.

“untuk jamaah dari hulu sungai stikernya berwarna Hijau, sedangkan dari banjarmasin berwarna kuning, stiker dapat di unduh melalui web Ar-Raudhah. Tujuannya agar kami dapat megarahkan dimana mereka nantinya harus parkir,”ungkapnya.

Basit juga menghimbau kepada para pengendara agar selalu mengikuti aturan, dan menghormati jamaah yang berjalan kaki.(sairi)

Baca Juga