Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Jelang Pileg, KPU Banjar Gelar Evaluasi Pemilihan dan Alokasi Kursi

Jelang Pileg, KPU Banjar Gelar Evaluasi Pemilihan dan Alokasi Kursi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Jelang Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten dan DPRD Provinsi atau Pemilihan Legislatif (Pileg) , Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar menggelar Evaluasi Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD, Jumat 14 April di Hotel Rodhita Banjarbaru.

Kegiatan dibuka Ketua KPU Banjar Muhaimin, dan didampingi Divisi Teknis Penyelenggara Muhammad Zain dan Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Abdul Muthalib.

Muhammad Zaini menjelaskan, ada 7 prinsip penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi, di antaranya keserataan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada pada cakupan wilayah yang sama, kohesivitas serta berkesinambungan.

BACA JUGA :  Peningkatan Partisipasi: Bupati Banjar Ajak Masyarakat Desa Batu Tanam dalam Safari Ramadan

Tidak hanya itu, Zain menjelaskan, di Kabupaten Banjar ada dari 5 dapil yang mendapatkan alokasi kursi yang tersedia, seperti di bawah ini:

Dapil satu : 10 kursi
Dapil dua : 9 kursi
Dapil tiga : 8 kursi
Dapil empat : 9 kursi
Dapil lima : 9 kursi

BACA JUGA :  Urgensi Atasi Genangan Air di Sekumpul Mendesak

“Dapil dan alokasi kursi DPRD Banjar tetap seperti 2019 kemarin walaupun ada perubahan alokasi kursi pada 2 dapil yaitu Dapil 1 semula 9 menjadi 10 kursi dan Dapil 4 semula 10 menjadi 9 kursi,” ujarnya mewakili Ketua KPU Banjar, Muahimin.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Forkopimda, para akademisi, partai politik, tokoh masyarakat, media massa serta Ketua PPK se Kabupaten Banjar.

Reporter: Mada Al Madani

Baca Juga