Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. advertorial2
  4. »
  5. Mapala STINAS Banjarmasin Gelar Caving Basic Training se-Kalsel

Mapala STINAS Banjarmasin Gelar Caving Basic Training se-Kalsel

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
SUASANA - Pelatihan Caving Basic Training yang diselenggarakan oleh Mapala STINAS Banjarmasin, Minggu 7 Juli

Headline9.com, BANJARMASIN – Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nasional (STINAS) Banjarmasin menggelar pelatihan Caving (susur goa) Basic Training untuk pecinta Alam se Kalimantan Selatan (Kalsel), pada, Minggu 9 Juli.

Pelatihan tersebut berlangsung di lantai III Kampus Stinas, Jalan Sutoyo S, Kota Banjarmasin selama satu hari, diikuti 32 Peserta dari 15 organisasi di Kalsel.

Haris Irawan salah satu pendiri Mapala STINAS menjelaskan, pelatihan tersebut diselenggaralan oleh pihaknya dengan motivasi, goa adalah salah satu ekosistem kawasan Karst yang banyak menyimpan potensi yang luar biasa.

BACA JUGA :  Kunjungan Ke Kebun Raya Banua Tembus 2 Ribu Per Hari, Akhir Tahun 2023 Capai 4 Ribu Lebih

“Karst ini bisa menjadi tempat menyimpan kandungan air, menjadi wisata alam serta berfotensi untuk dijadikan ilmu pengetahuan dan juga pada karst dan juga goanya banyak ditemui peninggalan purbakala,” ucapnya.

Hal tersebut menjadi motivasi Mapala STINAS untuk menyelenggarakan pelatihan Caving Basic Training karena Penggiat Alam di Kalsel tidak banyak yang terfokus pada aktifitas penelusuran goa tersebut.

20230709 143150

Dalam pelatihan tersebut, pihaknya melakukan shering agar dalam berkegiatan Caving ini tidak mudah dan memiliki bahaya yang besar jika semakin rumit medan guanya dan akan sulit untuk evakuasinya.

BACA JUGA :  Gugatan Prapadilan Ditolak, MAKI Kecewa dan Akan Gugat Kembali

“Maka dari itu kami memberikan bekal bagaimana tatacara untuk mengeksplorasi gua itu. Agar pada saat kita masuk ke goa bisa menggali potensinya dan dijadikan sebagai bahan penelitian yang bisa diserahkan kepada pemerintah setempat,” jelasnya.

Dalam pelatihan tersebut, pihaknya memberikan materi berupa; potensi dan ancaman saat masuk ke goa, sejarah speleologi serta kategori goa yang dapat ditelusuri.

“Harapan kami kedepannya bisa diadakan Latihan Gabungan (Latgab) agar ilmu yang diajarkan saat ini bisa diperaktikkan langsung ke lapangan,” harapnya.

Reporter: Mada Al Madani
Editor: Nasrullah

Baca Juga