Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Saksikan Balap Jukung Tiap Akhir Pekan

Saksikan Balap Jukung Tiap Akhir Pekan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Balap jukung tradisional jadi sasaran pengunjung. Wisatawan lokal mulai berdatangan ke Sungai Rangas Tengah, Kecamatan Martapura Barat. tiap akhir pekan, lomba perahu digelar oleh warga setempat. Bahkan, Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyempatkan waktu menyaksikan lomba tersebut.

DSC2484

Sensasinya sangat berbeda kala menyaksikan sendiri lomba balap perahu tersebut. Jukung yang melaju kencang di Sungai Martapura, dikayuh oleh para pengendara.  Tiap akhir pekan, sedikitnya diikuti 32 tim dari Martapura Barat dan Sungai Tabuk. Gelaran tersebut sudah tiga kali selama 2019 ini.

BACA JUGA :  Banjar Siapkan Perekrutan Peseta DTS

DSC2499

“Saya tentu senang menyaksikan balap jukung. Kreativitas aparat desa menjual produk unggulan tiap desa. Atlet kita banyak yang memerlukan perhatian,” ujar Saidi Mansyur di Martapura, kemarin.

BACA JUGA :  Pemkab Banjar Terima Penghargaan Kihajar Dari Kemendikbudristek RI

Menurut H Saidi, balap jukung ini wadah mengembangkan potensi atlet dayung. Salah satu sarana menciptakan ikon wisata di desa Sungai Rangas Tengah. Balap jukung ini juga jadi ajang latihan atlet serta menciptakan wisata yang bisa menarik perhatian masyarakat.

Baca Juga