Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Pastikan Netral, TNI Siap Bantu Amanankan Pesta Demokrasi Sesuai Rules…

Pastikan Netral, TNI Siap Bantu Amanankan Pesta Demokrasi Sesuai Rules of Engagement

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

 

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Kodim 1006 Martapura siap membantu proses pemilu di Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru. Pengerahan pasukan untuk mengamankan pesta demokrasi itu berdasarkan perintah Panglima TNI. Tiap prajurit wajib menyiapkan diri untuk berperan aktif menyukseskan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden pada April 2019.

WhatsApp Image 2019 02 11 at 16.10.37

“Kami berkewajiban menjaga netralitas seluruh personel TNI. Senantiasa siap dalam tugas membantu pengamanan kepada Polri sehingga kegiatan Pemilu dapat berjalan dengan kondusif, aman dan lancar,” kata Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto di Aula Makodim Martapura dalam sosialisasi aturan dan pelibatan TNI dalam Pengamanan Pemilu 2019, kemarin.

BACA JUGA :  Tiga Pelaku Pembuang Sampah Sembarangan Di Sidang.

Menurutnya,  pedoman prajurit TNI dalam pelaksanaan Perbantuan Pengamanan Pemilu adalah Rules of Engagement (ROE) TNI kepada Polri. Itu termuat dalam Peraturan Panglima TNI Nomor Perpang/71/VIII/2011 tentang Perbantuan TNI kepada Polri dalam Rangka Kamtibmas.

BACA JUGA :  Percepatan Vaksinasi Jadi Topik Rakor Mingguan

Peraturan Panglima ini sebagai pedoman pelaksanaan tugas dalam menghadapi gangguan nyata. Contohnya, gangguan keamanan berupa kejahatan. Pelanggaran yang terjadi dan menimbulkan kerugian bagi masyarakat berupa jiwa, raga, ataupun harta benda. Aturan itu bertujuan agar prajurit tidak ragu dalam bertindak dan tidak dipersalahkan telah melakukan pelanggaran hukum dan HAM.

Baca Juga