Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Potensi Wisata Digerbang IKN, Dua Desa Ini Diminta Persiapkan Diri

Potensi Wisata Digerbang IKN, Dua Desa Ini Diminta Persiapkan Diri

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Pengelolaan dana desa yang berorientasi pada ekonomi masyarakat maka harus dijadikan motivasi kades untuk menangkap peluang terkait potensi yang ada di desa tersebut.

Sebagai contoh Desa Sungai Dua dan Gunung Batu Besar, bila itu di kelola dengan baik untuk menjadikan wilayahnya sebagai desa wisata, maka tak mustahil dana dari kementerian wisata bisa didapatkan untuk pengembangan wisata tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pembangunan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Samsir. SE saat memberikan arahan kepada Kepala Desa dan PKK Desa, di Hotel Ebony baru tadi.

BACA JUGA :  Bupati Kunjungi Warga yang Sakit Sekaligus Tinjau Proses Pembangunan Mesjid Apung

“Kalau wilayahnya dijadikan desa wisata maka akan jadi booming dalam hal peningkatan ekonominya, mulai sekarang sudah saatnya dioptimalkan kelompok sadar wisata yang ada di desa tersebut,” kata Samsir.

Apalagi desa ini katanya, menjadi bagian pintu masuk gerbang IKN, namun sejak dini sudah ada persiapan dalam hal pengembangan wisatanya.

Dengan demikian, bagi kades yang baru diharapkan untuk terus berinovasi dalam orientasi destinasi wisata.

BACA JUGA :  Pemkab Tanbu Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Desa Sido Mulyo

Untuk prospek kedepan sudah saatnya dipikirkan, mengingat daya dukung pengembangan wisata di Tanbu akan sejalan dengan migrasinya penduduk Jakarta atau Jawa untuk mengisi IKN yang baru.

“Ada 16 ribu termasuk ASN nanti yang akan pindah ke IKN Kalimantan Timur, sementara kita adalah gerbangnya, tidak menutup kemungkinan mereka akan saat akhir pekan untuk berwisata ditempat kita,” Pungkasnya. (MHL)

Baca Juga