Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Tanbu Terus Upayakan Penurunan AKI Dan AKB

Tanbu Terus Upayakan Penurunan AKI Dan AKB

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Prevalensi Stunting di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) terus dilakukan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Serambi Madinah, Kantor Bupati dalam rangka pertemuan dengan para Bidan se-Tanbu melalui Dinas Kesehatan setempat.

Turut dihadiri Bupati Tanbu  dr. HM. Zairullah Azhar diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, M. Putu Wisnu Wardhana.

Dalam sambutannya, Wisnu Wardhana mengatakan, AKI, AKB, dan Prevalensi Stunting merupakan masalah bersama yang masih belum terselesaikan.

BACA JUGA :  Raperda Administrasi Kependudukan dan Penyelenggaraan Jalan Disahkan Jadi Perda

Walaupun AKI, AKB dan Prevalensi Stunting dalam dekade terakhir mengalami penurunan, tetapi masih tinggi jika di bandingkan dengan negara tetangga di Asia Tenggara.

Tingginya AKI, AKB dan Stunting tersebut merupakan dampak dari berbagai situasi status kesehatan reproduksi, tentunya Kesehatan reproduksi itu di pengaruhi berbagai sebab.

Seperti masalah gizi, penyakit menular, penyakit tidak menular, kepersertaan ber-KB, kesetaraan gender, status sosial ekonomi dan budaya.

BACA JUGA :  H.M. Zairullah Azhar Bupati Tanbu Pertama yang Kunjungi Desa Tamunih dan Dadap Kusan Raya.

“Calon pengatin (catin) merupakan sasaran program kesehatan dalam rangka menyiapkan kesehatan keluarga untuk Layak Hamil/Siap Hamil,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Wisnu berharap melalui kegiatan pertemuan dengan para bidan ini dapat mewujudkan percepatan penurunan AKI, AKB dan Prevalensi Stunting sebagai indikator utama Pembangunan Kesehatan di Indonesia dan terkhusus di Tanbu. (MHL).

Baca Juga