Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Pemkab Banjar Siapkan Ratusan Tandon Air Untuk Haul ke-19 Guru…

Pemkab Banjar Siapkan Ratusan Tandon Air Untuk Haul ke-19 Guru Sekumpul

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Ratusan tandon air kembali disiapkan Pemkab Banjar dalam memenuhi keperluan selama pelaksanaan Haul ke-19 KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau biasa dikenal, Guru Sekumpul.

Kepala BPBD Kabupaten Banjar, Warsita, melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Yayan Daryanto, mengatakan, saat ini pihaknya memiliki 94 buah tandon dengan kapasitas 1.200 liter. “Ini kami siapkan untuk didistribusikan ke tiap posko dapur umum,” katanya, Jumat (05/01/2024) sore.

Namun berdasarkan laporan Posko Induk Sekumpul, tercatat ada sekitar 200 lebih titik lokasi dapur umum. Untuk memaksimalkan itu, pihaknya juga dibantu Balai Prasarana Wilayah Kalsel.

“mereka memiliki sebanyak 38 tandon dengan kapasitas 2.200 liter dan 10 tandon lainnya berkapasitas 1.100 liter,” bebernya.

BACA JUGA :  Pemkab Banjar Resmikan 4 Fasilitas dan Perdana Gelar Rakor Outdoor di Desa Lok Tunggul

Jadi, kata Yayan, untuk total keseluruhan sementara berjumlah 142 buah tandon. “Ini untuk persiapan dapur umum Haul Guru Sekumpul nanti,” tambahnya.

Ia mengatakan, pendistribusian tandon akan di prioritaskan untuk dapur-dapur yang sudah terdata meminta bantuan tandon.

“Dari angka yang didapat dari balai prasarana sebanyak 48 tandon dan itu sudah bisa dialokasikan untuk dapur wilayah Sekumpul. Kekurangannya ditopang dari BPBD,” ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menambah 2 unit tangki air siap didistribusikan ke dapur umum. “Dan ada sebanyak 8 unit tangki air milik balai prasarana juga mendukung serta ada 1 unit mobil dari instalasi pengolahan air,” paparnya.

BACA JUGA :  Bupati Banjar Letakan Batu Pertama Kotaku

Tak hanya BPBD, PT Air Minum Intan Banjar juga turut membantu dalam kelancaran saat pelaksanaan acara haul. Salah satunya menyediakan sarana air untuk wudhu jamaah dan keran dibeberapa titik dapur umum.

“Kurang lebih 42 titik dengan sebaran mulai dari Desa Indrasari sampai RTH Ratu Zalecha,” tuturnya Direktur PT Air Minum Intan Banjar, Syaiful Anwar, melalui Humas, Wahyuni.

“Kami (PTAM Intan Banjar) juga sudah menyiapkan jaringan pipa saluran air yang langsung dikoneksikan sesuai titik,” tukasnya.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga