Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Tak Masuk Usulan Musrenbang 2024, Jalan Handil Negara Gambut Terancam…

Tak Masuk Usulan Musrenbang 2024, Jalan Handil Negara Gambut Terancam Tertunda Penuntasannya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
Kondisi jalan Handil Negara yang belum beraspal, amblas dan ditutupi kayu.

Headline9.com, MARTAPURA – Belum masuk dalam usulan proyeksi strategis Musrenbang tahun 2024. Ruas Jalan Handil Negara, Kelurahan Gambut Barat, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, terancam tertunda penuntasannya.

Kabid Bina Marga Dinas PUPRP Kabupaten Banjar, Jimmy, mengakui, sampai saat ini belum ada usulan untuk dituntaskannya ruas jalan tersebut.

“Mungkin warga mengusulkan tetapi dalam proses prioritas di kecamatan trilateral (pertemuan tiga pihak) tingkat kabupaten itu tidak menjadi pilihan utama dari Kecamatan Gambut ya,” ucap dia, di ruang kerjanya, Jumat (5/1/2024) sore.

Namun, ia tak menampik, kalau Jalan Handil Negara pada tahun 2020 silam memang mereka yang mengerjakan. Meski tak dituntaskan. “Saat lalu kebijakannya untuk penanganan DAK belum sampai tuntas itu tak masalah,” ucapnya.

BACA JUGA :  Banjar Menuju Transisi New Normal
img 20240106 wa00556877190332867973478
Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Banjar, Jimmy, saat menjelaskan pertanyaan soal jalan Handil Negara, Kelurahan Gambut Barat, Kecamatan Gambut.

Nah, melalui aturan baru tahun 2023 ini anggaran dana alokasi khusus (DAK) infrastruktur jalan penanganannya harus dituntaskan. Lalu apa yang membuat jalan tersebut pengerjaannya terkesan setengah-setengah?

Jimmy menjawab, anggaran pada 2020 lalu diakui memang masih terbatas. Sehingga, penanganannya hanya sebatas yang ada sekarang.

“Tetapi, kita pemda tetap melakukan upaya-upaya apakah melalui dari APBD atau kah APBN. Sekarang kan ada dana inpres dari situ akan kita coba upayakan lagi,” bebernya.

Dari hasil penelurusan di lokasi, terdapat jalan yang kondisinya cukup membahayakan. Yakni lubang amblas yang menganga dan perkiraan panjangnya kurang lebih sekitar 3 meter.

BACA JUGA :  Kunker Pertama Anggota DPRD Kabupaten Banjar

Mendengar kondisinya seperti itu, apakah penanganan jangka pendek? Ia berkata, “kemungkinan kita survey dulu ya kalau memang bisa ditangani tentu bakal ditangani, tetapi apabila sifatnya meanggarkan secara paket tentu ada proses yang harus dilewati,”tukasnya.

Ditanya kepastian, dia belum bisa menjanjikan kapan terjun ke lapangan untuk melihat kondisi jalan tersebut. “Hal ini dikarenakan kami tengah fokus memperbaiki jalan prioritas kabupaten dalam kelancaran akses menuju pelaksanaan haul Guru Sekumpul ke 19 nanti,” pungkas Jimmy.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga