Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Ruas Jalan Martapura Lama Jelang Haul Guru Sekumpul ke-19 Diperbaiki

Ruas Jalan Martapura Lama Jelang Haul Guru Sekumpul ke-19 Diperbaiki

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
Pengerjaan perbaikan di ruas jalan Martapura lama (Banjarmasin - Martapura) tepatnya Sungai Rangas, Martapura Barat, Kabupaten Banjar. (Foto: Dinas PUPR Kalsel/ist)

Headline9.com, MARTAPURA – Sejumlah titik di ruas jalan Martapura lama, Kabupaten Banjar, akhirnya diperbaiki. Menyusul jalan tersebut merupakan akses alternatif bagi jamaah haul Guru Sekumpul di berbagai daerah.

Termasuk, retaknya jalan di kawasan Teluk Selong, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, yang sempat terjadi penurunan akibat longsor.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kalsel, Azan Syariful Muaz, mengatakan, kerusakan yang terjadi pada Oktober 2023 lalu dipastikan sudah dilakukan penanganan sementara.

“Yakni mengisi badan jalan yang turun dengan material base coarse (lapis pondasi agregat, red),” ungkapnya, Kamis (11/1/2024).

BACA JUGA :  Momen Haul Guru Sekumpul ke- 19, Diwarnai Aksi Derek Mobil Akibat Diduga Parkir Sembarangan
img 20240112 wa00065793978954241060828
Jembatan Bahandang, penghubung Kabupaten Banjar dan Barito Kuala (Batola) yang jadi jalur alternatif jamaah haul Guru Sekumpul ke-19. (Dok. DinasPUPR Kalsel/Ist)

Untuk penanganan ruas jalan Banjarmasin – Martapura (Martapura lama, red), kata Azan, sudah dilakukan pengerjaan.

“Penambalan kerusakan aspal badan jalan pada November dan Desember 2023 lalu rutin kami dilakukan,” papar dia.

Ia mengklaim, beberapa jalan rusak dan lubang yang terlihat di Desa Teluk Selong dan Sungai Rangas juga menjadi penghubung ke tempat haul Guru Sekumpul juga tertangani. “Dilakukan patching atau penambalan. Termasuk yang ada di dalam pagar juga,” bebernya.

BACA JUGA :  Resmi! Angkutan Sumbu Dua Ke Atas Dilarang Melintas Saat Haulan Guru Sekumpul ke-19, Cek Jadwalnya..

Dipertegasnya lagi, rute arah Sekumpul sudah dilakukan jauh-jauh hari untuk penanganan perbaikannya. Termasuk, alternatif jalan Sungai Ulin (Kota Banjarbaru) – Mataraman (Kabupaten Banjar).

“Baik yang dari hulu sungai maupun Batola,”paparnya. Begitu pula, Jembatan Bahandang penghubung antara Kabupaten Banjar dan Barito Kuala.

“Tak lupa juga rehabilitasi jalan di Tajau Landung, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar,” pungkas Azan.

Reporter : Riswan Suryadi
Editor : Nasrullah

Baca Juga