Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kapuas
  4. »
  5. Pj Bupati Kapuas Buka Panen Hasil Belajar SDN 2 Selat…

Pj Bupati Kapuas Buka Panen Hasil Belajar SDN 2 Selat Utara dan SDN 1 Palangkai

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, KUALA KAPUAS – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi membuka kegiatan panen hasil belajar SD Negeri 2 Selat Utara dan SD Negeri 1 Palangkai yang mana kegiatan tersebut merupakan implementasi kurikulum merdeka program sekolah penggerak angkatan 2 Kabupaten Kapuas tahun 2024, bertempat di halaman SD Negeri 2 Selat Utara, Jumat (16/02/2024) pagi.

Adapun tema pada kegiatan tersebut “Mari bersama – sama bergerak dan menggerakkan wujudkan pendidikan karakter dalam transformasi pendidikan masa kini.

Dalam sambutannya Pj Bupati Kapuas mengatakan merdeka belajar adalah program kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayan RI Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Anwar Makarim.

“Program sekolah penggerak merupakan katalis untuk mewujudkan visi reformasi pendidikan indonesia yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik melalui enam profil pelajar pancasila, yang dirancangkan sebagai upaya untuk mewujudkan indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian,” ucap Erlin.

BACA JUGA :  Ibunda Risti KDI Meninggal Dunia, Bupati Ben Brahim Ucapkan Bela Sungkawa

Dirinya juga mengatakan program sekolah penggerak terfokus pada pengembangan SDM sekolah, mulai dari siswa, guru sampai dengan kepala sekolah dan juga kualitas siswa diukur melalui pencapain hasil belajar diatas level yang diharapkan dengan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, inklusif dan menyenangkan sehingga terjadi perbaikan pada pembelajaran yang berpusat pada murid dan refleksi diri sera pengimbasan.

“Program sekolah penggerak adalah program untuk meningkatkan kualitas belajar siswa yang terdiri dari 5 jenis intervensi untuk mengakselerasi sekolah bergerak 1 sampai 2 tahap lebih maju dalam kurun waktu 3 tahun ajaran,” kata Pj Bupati Kapuas.

Lebih lanjut dijelaskan Pj Bupati Erlin Hardi, bahwa panen hasil belajar adalah inovasi dan kreativitas sekolah penggerak yang telah dilaksanakan dan dikembangkan di sekolah dan nantinya harus melakukan inovasi – inovasi baru lainnya.

“Panen hasil belajar merupakan kegiatan menuai hasil dari apa yang ditanam dan dirawat sehingga dapat berguna bukan hanya bagi diri sendiri, tetap juga berguna bagi orang lain,” tutur Erlin Hardi.

BACA JUGA :  Kelurahan Selat Utara Gelar Jumat Bersih

Tidak lupa dirinya pun mengapresiasi kegiatan panen hasil belajar tersebut dan juga mengatakan bahwa pemerintah daerah pasti mendukung program sekolah penggerak dan pengimbasannya yang sudah berjalan di Kabupaten Kapuas.

“Saya berharap kegiatan ini berlanjut di masa – masa yang akan datang, sehingga akan memunculkan ide – ide baru, kreatifitas dan inovasi pembelajaran yang lebih baik,” pungkas Erlin Hardi.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, Aswan mengatakan sangat mengapresiasi adanya panen hasil belajar SDN 2 Selat Utara dan SDN 1 Palangkai.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk dunia pendidikan kita dikabupaten Kapuas, kita dukung untuk terus berkarya dan berinovasi,” Kata Aswan.

Turut hadir mendampingi Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Agustina Erlin Hardi, Kepala Dinas Pendidikan Aswan, Kepala Dinas Pertanian Yaya dan Lurah Selat Utara Rahmat M Noor.

Baca Juga