Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Bupati Banjar Syukuran Panen di Kebun PKK: Langkah Awal Wujudkan…

Bupati Banjar Syukuran Panen di Kebun PKK: Langkah Awal Wujudkan Kemandirian Pertanian

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Seremoni panen buah dan sayur di kebun PKK Kabupaten Banjar bukan hanya ritual, melainkan langkah awal dalam mewujudkan visi Kabupaten Banjar yang mandiri dalam sektor pertanian. Bupati Banjar H Saidi Mansyur, bersama Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas, menyelenggarakan syukuran tersebut di Kebun PKK Kabupaten Banjar, Sekumpul Ujung Martapura, pada Senin (19/2/2024) sore.

Bupati Saidi Mansyur menekankan bahwa kebun PKK bukan sekadar lahan pekarangan atau pertanian biasa, tetapi simbol kesungguhan dalam menghadapi tantangan pangan dan upaya memperkokoh kemandirian pertanian.

BACA JUGA :  Pasar Liar Kembali Nongol di  Pemurus. Pedagang Resmi Lantai 2 Pasar Ahad Sepi Pembeli dan Ancam Setop Bayar Retribusi

“Dalam menghadapi tantangan ke depan, kita juga harus memperhatikan kedaulatan pangan. Kabupaten Banjar tidak boleh ketergantungan dengan hasil pertanian dari luar daerah. Kita harus terus mengoptimalkan potensi pertanian dan perkebunan lokal agar dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri,” ungkapnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Nurgita Tiyas, menjelaskan bahwa tujuan dari panen buah dan sayuran ini adalah memberikan contoh kepada kader PKK di kecamatan maupun desa agar memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong untuk menghasilkan sesuatu yang ekonomis demi ketahanan pangan keluarga.

BACA JUGA :  Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kodim Martapura Gelar Doa Bersama untuk Pahlawan dan Korban Gempa - Tsunami Donggala

“Dengan adanya kebun percontohan ini, kader-kader PKK dapat mencontoh dan memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanami sayur-sayuran, buah-buahan, bunga, dan lain sebagainya, sehingga dapat menambah penghasilan bagi ibu rumah tangga,” tutupnya.

Baca Juga