Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Sekda Banjar Buka Forum Multi Pemangku Kepentingan Daerah untuk Program…

Sekda Banjar Buka Forum Multi Pemangku Kepentingan Daerah untuk Program YESS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, HM Hilman, membuka Forum Multi Pemangku Kepentingan Daerah (District Multi Stakeholder Forum/DMSF) untuk mendukung pelaksanaan Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS). Forum ini bertujuan untuk menggali informasi dan menyinergikan seluruh pemangku kepentingan dari perangkat daerah, perbankan, dunia usaha, serta lembaga dan organisasi masyarakat.

Acara ini berlangsung di Hotel Aston Banua, Kecamatan Gambut, pada Selasa (4/6/2024) pagi.

Hilman menyatakan, melalui program YESS diharapkan terjadi regenerasi petani di Kabupaten Banjar, peningkatan kompetensi sumber daya manusia di pedesaan, serta bertambahnya jumlah wirausaha muda di sektor pertanian.

BACA JUGA :  Niat Memancing, Pemuda Asal Banjarmasin Diduga Tewas Tenggelam

“Pertanian memiliki prospek yang menarik dan berpotensi mengurangi angka pengangguran serta kemiskinan, selain itu juga menciptakan wirausaha milenial yang berkualitas,” katanya.

Lebih lanjut, Hilman menjelaskan bahwa Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Banjar tahun 2025-2045 bertema Bumi Intan, yang mencakup transformasi ekonomi inklusif sebagai pusat logistik Kalimantan.

Angga Tri Aditia Permana, Project Manager Program YESS Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan, menambahkan bahwa pengembangan usaha petani muda memerlukan peran multi-pihak dan dukungan dari sektor perbankan dan Baznas untuk pembiayaan dan akses permodalan.

BACA JUGA :  Rancang Bisnis Florikultura dengan Konsep Agribisnis

“Kami berharap semua pemangku kepentingan yang hadir dapat mendorong pengembangan kewirausahaan dan penciptaan lapangan kerja, terutama di Kabupaten Banjar,” tambahnya.

Forum ini juga dihadiri oleh kepala Bappedalitbang, Nasrullah Shadiq, Kepala Dinas Pertanian Warsita, serta para camat.

Di samping itu, kriteria untuk mengikuti Program YESS di Kabupaten Banjar meliputi usia 17-39 tahun dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) di wilayah Kabupaten Banjar. Petani yang telah maju akan berperan sebagai mentor bagi generasi muda, dengan salah satunya adalah petani cabai yang hadir sebagai mitra dalam forum ini.

Baca Juga