Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. advertorial2
  4. »
  5. Wujudkan Kalsel Jadi Pintu Gerbang IKN Lebih Maju, BRIDA Kalsel…

Wujudkan Kalsel Jadi Pintu Gerbang IKN Lebih Maju, BRIDA Kalsel Join Riset ke Pemkab Tabalong

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU –  Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kalsel melaksanakan pertemuan dengan Bappedalitbangda Tabalong menyusul adanya join riset forum Kalimantan untuk Ibu Kota Negara (IKN), Senin (26/2/2024).

Rombongan kali ini dipimpin langsung Kabid Kerjasama dan Diseminasi BRIDA Kalsel, Nurhidayati. Pertemuan tersebut juga langsung disambut Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappedalitbangda Kabupaten Tabalong, Yunizarrahman.

Nurhidayati mengatakan, usai melakukan pertemuan dalam diskusi tersebut, ada beberapa hal atau poin penting yang disampaikan dalam diskusi ini.

“Pemkab Tabalong telah menyiapkan kawasan industri dengan luas lahan kurang lebih 3.000 hektare di Desa Serdang, Kecamatan Haruai. Yang jelas, kata dia lagi,” sebagai konsentrasi sektor industri menengah bawah, dan relevan untuk mencari investor masuk,” ucapnya.

Kedua, lanjut dia, Pemkab Tabalong juga tengah merencanakan pembangunan bandara di daerah kambitan. Di mana, wacana tersebut juga sudah dilakukan uji kelayakan (FS). “Ini dari sektor sarana prasarana transportasi,” bebernya.

Tak melulu sektor hilirisasi pertambangan, hasil join ini juga didapati adanya peralihan mindsset (pemikiran) baru yakni memfokuskan diri untuk pengembangan perindustrian dan industrian pengolahan.

Termasuk, Pemkab Tabalong juga berkeinginan menjadi poros distribusi pangan agro industri untuk dapat mensupport IKN. “Mengingat jarak Tabalong ke IKN relatif cukup dekat daripada kabupaten lain di Kalsel, dan ini masih dalam tahap kajian,” tutupnya.

Reporter : Riswan Surya | Editor : Nasrullah

BACA JUGA :  Wabup M Rusli Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Ponpes Salapiyah Darul Istiqomah.

Baca Juga