Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Bupati HST Serius Tangani Penguatan Karakter Peserta Didik Lewat Digitalisasi

Bupati HST Serius Tangani Penguatan Karakter Peserta Didik Lewat Digitalisasi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, JAKARTA-Bertempat di Sentral Al Jazeerah Jakarta, Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi menggelar audiensi bersama PT Novo Indonesia Belajar (Vokal.ai) selaku perusahaan pengembang aplikasi Ngaji.ai, Rabu (5/3/2024).

Kegiatan audiensi tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah HST H Muhammad Yani, Co-founder Ngaji.ai H Sutarto Hadi, Kepala Dinas Pendidikan Kab HST H Muhammad Anhar, CEO Vokal.ai Martijn Enter, Direktur Novo Belajar Indonesia M Vanessa Tri Octavia, Ketua MUI HST KH Muhammad Khairuddin, Ketua BKPRMI HST H Humaidi, dan Tokoh Agama HST KH Abdul Gafar.

Audiensi dilaksanakan atas dasar keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST dalam melaksanakan Transformasi Pembelajaran dan Penguatan Pendidikan Karakter siswa/ siswi di HST yang unggul dan berakhlakul karimah.

Adapun langkah itu diwujudkan Pemkab HST melalui digitalisasi pembelajaran Al Qur’an dengan metode pemanfaatan aplikasi gawai.

“Hari ini kami memenuhi undangan audiensi bersama PT. Novo Belajar Indonesia (vokal.ai). Kegiatan ini menjadi bukti bahwa kami (Pemkab HST) sangat berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan karakter bagi anak-anak kami di HST, setelah sebelumnya kami programkan masuknya ustadz/ustadzah pada sekolah-sekolah formal jenjang SD dan SMP, kemudian program tahfidz bagi 2000 siswa, saat ini kami kembali mencoba untuk melakukan transformasi pembelajarannya melalui pemanfaatan aplikasi”, tutur Aulia.

BACA JUGA :  Pemkab HST Raih Penghargaan Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori 'PRIMA'

Ditambahkan Aulia, transformasi pembelajaran penting dilakukan khususnya terkait pelaksanaan penguatan pendidikan karakter bagi siswa/siswi di HST, mengingat akan dampak dan hasil yang diharapkan yaitu terbentuknya siswa/sisiwi yang unggul dan berakhlakul karimah.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidikan HST H Muhammad Anhar menyampaikan, transformasi pembelajaran dengan pemanfaatan aplikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa/siswi dan sebagai media pendamping bagi ustadz/ustadzah dalam kegiatan belajar.

“Tujuan dari Transformasi Pembelajaran dan Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Digitalisasi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui penggunaan dan pemanfaatan aplikasi ini adalah untuk mendorong dalam meningkatkan minat/ kemampuan membaca dan mempelajari Al Qur’an semakin tinggi dan bisa diakses dengan mudah oleh anak-anak kita, selain itu aplikasi ini akan menjadi media pendamping bagi ustadz/ ustadzah/ Pendidik Pendidikan Al Qur’an dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga kegiatan belajar akan semakin menarik dan berkualitas,” terangnya.

BACA JUGA :  RSHD Barabai dan Dinkes Teken MoU, 'Hai Darling' Siap Jemput Pendonor

Selain itu, ketua MUI HST Ustadz H Muhammad Khairuddin menanggapi bahwa pihaknya sangat mengapresiasi atas keberpihakan program Pemkab HST yang telah berinovasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan Al Qur’an dan diharapkan dapat berdampak dalam meningkatkan semangat serta kualitas belajar para siswa-siswi di HST dalam belajar Al Qur’an.

“Kami mengapresiasi atas transformasi pembelajaran yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, karena ini merupakan salah satu inovasi yang diupayakan untuk meningkatkan kualitas anak-anak kita dalam belajar Al Qur’an. Kami melihat hal ini akan menjadi pendamping bagi anak-anak kita yang kesehariannya terbiasa menggunakan gawai dan disiapkan dengan menarik untuk belajar Al Qur’an”.

“Mudah-mudahan dengan adanya aplikasi tersebut akan menambah semangat anak-anak kita untuk membaca Al Qur’an dan memperbaiki atau menyempurnakan kualitas bacaaan serta belajar mereka,” Tutup Ustadz KH Muhammad Khairuddin.

Reporter : Ahmad Farizal | Editor : Nasrullah

Baca Juga