Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Bupati HST Berikan Materi Pendidikan Politik kepada Pemilih Pemula

Bupati HST Berikan Materi Pendidikan Politik kepada Pemilih Pemula

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI– Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi, bicara tentang peran pemuda di dalam demokrasi. Menurutnya pemuda tidak boleh apatis terhadap politik.

“Karena itu para pemuda harus sadar akan perannya dalam menentukan pilihan politik,” kata Aulia saat memberikan materi Sosialisasi Pendidikan Politik Pemilih Pemula, di Pendopo Bupati, Kamis (21/03/2024).

Misalnya dalam pemilihan umum (Pemilu) legislatif dan eksekutif. Peran pemuda apalagi sebagai pemilih pemula sangat penting sebagai bagian dari demokrasi.

Dalam paparannya, bupati menyebut jika di era modern perkembangan pemikiran pemuda sangat dipengaruhi perkembangan teknologi. Apalagi saat ini laju perkembangan internet tak dapat dibendung.

Salah satu tips untuk membentengi pemuda dari rasa apatis terhadap politik yakni dengan memberikan pendidikan politik.

BACA JUGA :  Gelar Salat Id dan Open House, Bupati HST: Ibadah Kurban Mengandung Dimensi Persaudaraan

“Baik disadari atau tidak, perkembangan internet sangat mempengaruhi. Tantangan ini perlu dilakukan tindakan, salah satunya dengan pendidikan politik,” ungkapnya.

Untuk itu menurutnya generasi muda dan pemilih pemula harus memilik dasar yang kuat, sehingga pendidikan politik dapat menjadi filter atau penyaring berbagai informasi politik.

“Pendidikan politik akan menjadi filter terhadap pemikiran baru, ideologi baru, tantangan dan hambatan serta gangguan dari berbagai arah,” tambahnya.

Bupati Aulia menambahkan, agenda politik pada akhir tahun 2024 mendatang adalah pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan menentukan arah pembangunan bagi daerah selama lima tahun ke depan.

“Untuk itu para pemilih pemula diharapkan bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik, dan mencermati serta mempelajari setiap kandidat yang ada nantinya,” jelasnya.

BACA JUGA :  Satu Warga Patikalain Resmi Memeluk Islam, Bupati HST Bimbing Pengucapan Dua Kalimat Syahadat

Sebagai Kepala Daerah ia juga mengharapkan momentum ini meningkatkan partisipasi politik pemilih generasi muda khususnya pada Pilkada 2024 mendatang.

“Gali informasi tahapan-tahapan Pemilu dan bagikanlah informasi tersebut kepada teman-teman di sekolah,” tutup Aulia.

Kegiatan ini digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) tersebut, diikuti sebanyak 100 pelajar beserta pendamping dari SMKN 1 HST, mengusung tema “Membangun Kesadaran Politik Pemilih Pemula dan Meningkatkan Peran Pemuda dalam Demokrasi”.

Agenda sosialisasi pendidikan politik pemilih pemula ini turut dihadiri Kepala Badan Kesbangpol HST, Mardiyono, dan Ketua KPU HST, Ardiansyah.

Reporter : Ahmad Farisal | Editor : Nashrullah

Baca Juga