Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Pesta Laut Digelar Upaya Pelestarian Budaya 

Pesta Laut Digelar Upaya Pelestarian Budaya 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), kembali menggelar acara pesta Adat Mappanreritasi’e atau pesta laut yang rutin dilaksanakan setiap bulan April bertepatan hari jadi Kabupaten Tanbu, 

Agenda tahunan ini sebagai bentuk upaya pemerintah melestarikan budaya dan mendorong peningkatan perekonomian yang mampu menyedot puluhan ribu pengunjung.

Festival Budaya Maritim yang berlangsung mulai tanggal 20 April hingga 4 Mei 2024.

Bupati Tanbu Zairullah Azhar melalui Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) H. Syamsuddin mengatakan, pesta laut ini sebagai momentum kebangkitan wisata dan ajang pelestarian budaya yang dikemas lebih menarik lagi sehingga bisa mengundang para wisatawan untuk berkunjung ke Bumi Bersujud menyaksikan pesta ada ini.

BACA JUGA :  Sekda Tanbu Pimpin Langsung Operasi Yustisi dan Sosialisasi Penerapan PPKM Level 4 Di Tanah Bumbu.

Selain pertunjukan budaya yang dilaksanakan selama tiga minggu berturut-turut juga mengangkat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yangvmelibatkan ratusan UMKM yang ada d Tanbu di berbagai wilayah.

Selain festival budaya dan UMKM juga Pemkab Tanbu menggelar Expo kemajuan pembangunan di Tanbu serta menampilkan atau promosi produk-produk unggulan hasil kreatifitas warga masyarakat Tanbu.

BACA JUGA :  Masuk Zona Hijau Kategori A, Tanbu Terima Penghargaan Dari Ombudsman Kalsel

Acara ini lanjutnya, terlaksana atas dukungan semua pihak dan kerjasama dengan pihak perusahaan yang menyediakan 200 lebih tenda untuk UMKM.

Pemkab Tanbu menyediakan satu tenda roder untuk pameran pembangunan bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan instansi vertikal.

Dikatakanya, untukbmenambah semarak sejumlah kegiatan digelar diacara tersebut, diantaranya, lomba kesenian rakyat, pertunjukan musik multi etnisdan budaya Indonesia, festival dangdut, religi, musik gambus, maulid habsyi, ceramah agama, hiburan musik lokal, lomba logo, festival kuliner dan lomba parade kapal hias.(MHL)

Baca Juga