Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Meriahnya Mappanre Ri Tasi’e Mulai Hadir di Kota Pagatan 

Meriahnya Mappanre Ri Tasi’e Mulai Hadir di Kota Pagatan 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Masyarakat mulai tumpah ruah memenuhi Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) saat dibukanya rangkaian pesat adat Mappanre Ri Tasi’e tahun 2024.

Acara yang bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Tanbu, pembukaan Expo 2024, dirangkai dengan  peresmian Gedung Auditorium 7 Februari Pagatan.

Rangkaian tersebut dibuka oleh Bupati Tanbu, dr. HM. Zairullah Azhar, didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Tanbu, Said Ismail Al-Idrus, anggota DPRD H. Hadanuddin S.Ag serta jajaran Forkopimda.

Bupati Zairullah menyampaikan apresiasi mendalam atas kekayaan budaya dan spiritualitas yang dimiliki masyarakat Kalimantan Selatan.

BACA JUGA :  Sekda Lepas Peserta Pawai Tanglong

“Ini merupakan momentum untuk bersyukur karena kita dapat merayakan acara adat tahunan sekaligus memperingati Hari Jadi Kabupaten Tanbu dengan kegiatan mappanre Ri Tasi’e, atau yang lebih dikenal sebagai pesta pantai,” ucapnya.

Disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Tanbu, H. Syamsuddin, pesta pantai telah dimulai sejak 17 April lalu dengan serangkaian kegiatan perlombaan dan pameran kuliner UMKM. 

“Kegiatan puncak pesta pantai mencakup upacara melarutkan hasil panen masyarakat ke laut bersama ketua adat, hingga acara penutupan yang akan berlangsung nanti,” paparnya.

BACA JUGA :  Camat Satui Abdul Rahim, Banjir Sudah Surut Petugas Gabungan Bantu Bersihkan Lumpur Di Ponpes Pasca Banjir.

Dengan keseruan yang ditawarkan, warga Tanbu dan pengunjung dari berbagai daerah diajak untuk merayakan kekayaan budaya dan keindahan alam yang dimiliki oleh daerah ini melalui perayaan yang meriah dan bermakna.

Diketahui, Pesta pantai ini menampilkan beragam kegiatan yang memeriahkan, termasuk Tabliq Akbar dan hiburan musik dari orkes dangdut dan band, dengan penampilan sejumlah artis dari ibu kota dan lokal. 

Malam pembukaan dimeriahkan oleh artis dangdut ternama dari ibu kota, Ikke Nurjanah, sementara besoknya akan disuguhkan penampilan dari Nasar, Ridho Rhoma bersama Soneta 2 Band. (MHL)

Baca Juga